Sengketa Lahan, Jakpro Digugat Warga Pluit

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), kembali menyidangkan sengketa lahan antara Warga perumahan Taman Pluit Putri versus PT. Jakpro (Jakarta Propertindo) pada Rabu 23 Oktober 2019. Warga Pluit Putri menggugat PT. Jakpro karena dianggap telah merampas sebidang tanah Fasum dan Fasos perumahan tersebut, untuk dijadikan gedung sekolah Swasta internasional Bina Tunas Bangsa.

Menurut Penasehat Hukum Warga, dari Boyamin Saiman Lawfirm, Rizky Dwi Cahyo mengatakan, apa yang dilakukan PT Jakpro, tidak dibenarkan. Pasalnya, kata dia, Surat Putusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 286 Tahun 1992 tentang pengelompokan aset barang milik DKI Jakarta, yang dikantongi PT Jakpro, tidak sesuai dengan Pasal 27 nomor 129 tahun 2012 Peraturan Gubernur DKI Jakarta tentang tata cara pemberian pelayanan di bidang perizinan.

“Dalam Pasal 27, untuk dapat menerbitkan IMB, maka harus menyertakan tanda bukti hak atau kepemilikan berdasarkan, sertifikat atau girik. Namun itu tidak dimiliki oleh mereka. Yang dilampirkan (PT Jakpro) hanya SK tahun 1992,” kata Dwi saat ditemui di Gedung PTUN, Rawaman, Jakarta Timur.

Dalam IMB tersebut, sambung Dwi, terdapat keganjilan lainnya. Permohonan IMB tersebut, ternyata diajukan oleh Yudo Prima Cahyadi, selaku Direktur PT Bina Tunas Bangsa Pluit Putri (BTB School). Sementara, yang diberikan izin IMB adalah PT. Jakpro.

“Ini ada apa? Kita ajukan gugatan, biar terbuka secara gamblang, ada apa ini,” tanya Dwi.

Atas kejanggalan tersebut, warga menggugat Kepala Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Kota Administrasi Jakarta Utara (UP PTSP), selaku pemberi izin IMB. Sebab, sejauh ini, tidak satupun ketetapan hukum yang menyebutkan lahan fasum fasos di taman Pluit Putri, seluas 3.955 meter itu, sebagai tanah atau aset negara.

“Kenapa yang di beri izin, sekolah BTB. Sekolah untuk kalangan atas, sekolah internasional, pakai bahasa Inggris dan mandarin, yang buat bayar sekolahnya saja mahal,” heran dia. (DVD)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: