Jelang Ramadhan, TTI Gelar Operasi Pasar Komoditas Bawang

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Dalam kurun waktu 3 minggu terakhir ini harga bawang merah belum juga mengalami penurunan, namun minggu kedua Mei 2019 akan memasuki masa panen sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok bawang merah dan bawang putih akan meningkat seiring dengan berlangsungnya panen di wilayah Gapoktan sentra produksi bawang merah seperti di Brebes dan lainnya.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga pasokan dan stabilitasi harga, terlebih lagi beberapa hari menjelang Hari Besar Keamaan Nasional (HBKN) seperti Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri,” ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) yang ditemui di Pasar Lenteng Agung, Rabu (1/5/2019).

Selain itu, menurut Risfaheri, Kementan juga terus meningkatkan hasil produk pangan pokok dan strategis melalui Gapoktan serta dibukanya saluran distribusi pangan Toko Tani Indonesia (TTI).

“Ini semua kami lakukan, agar masyarakat selain mudah memperoleh harga pangan pokok strategis, juga terjangkau dan berkualitas,” tambah Risfaheri.

Kementan sudah melakukan Operasi Pasar (OP) bawang merah dan bawang putih pertama sejak 12-16 April lalu di 9 pasar dan TTIC, dilanjutkan 18-21 april di 5 pasar dan TTIC.

OP pertama digelontorkan 10 ton bawang merah dan bawang putih. Untuk OP berikutnya digelontorkan 3 ton bawang merah, 5 ton bawang putih.

Sampai hari ini penjualan bawang merah dan bawang putih masih dilakukan di TTIC, dan berlanjut hari ini, Rabu (1/5/2019) dengan menggelar Operasi Pasar Bawang Merah di 5 (lima) lokasi pasar di DKI Jakarta yaitu Pasar Johar Baru, Pasar Cempaka Putih, Pasar Lenteng Agung, Pasar Mayestik dan Pasar Pondok Labu.

Dipilihnya 5 lokasi tersebut, karena harga bawang merah di pasar masih bertengger Rp 50.000/kg, sedangkan yang dijual TTI melalui OP hanya Rp. 22.000,-/kg untuk bawang merah.

Tujuan kegiatan OP adalah melayani masyarakat dengan menyediakan pangan pokok strategis dengan harga berkualitas dan terjangkau khususnya komoditas bawang merah.

Komoditas bawang merah yang dipasok di 5 (lima) lokasi pasar masing-masing sebanyak 500 Kg dengan harga Rp.22.000/Kg. Operasi pasar bawang merah ini akan terus dilaksanakan sampai harga turun mencapai Harga Acuan Pemerintah sebesar Rp.32.000/Kg di tingkat
konsumen sesuai Permendag No.96/2018.

Selain 5 (lima) lokasi yang dicanangkan pada
hari ini, secara serentak akan dilaksanakannya Gelar Pangan Murah secara bertahap selama HBKN Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2019.

“Kami sangat senang kehadiran TTI Kementan disini, karena sangat membantu ibu-ibu membeli kebutuhan pangan. Misalnya bawang merah yang harganya lebih murah dibanding dipasar lainnya,” ujar Tuti yang baru membeli sekilo bawang merah di Pasar Lenteng Agung.(*)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: