Aktivis Perempuan Yuanita Meilia Bikin Lagu Kampanye Vaginismus

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Aktivis perempuan, Yuanita Meilia, merilis single lagu ‘Hatiku Untukmu’. Lagu ini dedikasikan untuk wanita penderita vaginismus serta dalam rangka memperingati hari perempuan internasional, yang jatuh pada 8 Maret 2019.

Yuanita mengatakan vaginismus adalah kondisi dimana otot reproduksi wanita kaku dan tidak bisa dilakukan penetrasi. Penyandang vaginismus kerapkali mendapat stigma buruk. Bahkan, vaginismus menjadi pangkal perceraian dan konflik dalam rumah tangga.

“Saya melihat musik tidak hanya sebagai hiburan, namun, dapat juga digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan semua hal yang bisa menyentuh hati, memotivasi, bahkan mengubah hidup seseorang,” kata Yuanita di grand Indonesia, Jakarta, Rabu (8/3/2019) malam.

Ia berharap dengan lagu tersebut dapat mengkampanyekan dan mengenalkan pada masyarakat, apa itu penyakit vaginismus. Sebab berdasarkan kajian, 7-17 persen perempuan di dunia diprediksi beresiko menderita vaginismus.

Ironisnya lagi, informasi mengenai penyakit vaginismus dan penanganannya, belum menyebar secara luas.

Sehingga, sambung Yuanita, penderita vaginismus sering mendapatkan respons yang salah dan malah mengalami shaming atau dipermalukan. Seperti yang dialami oleh Yuanita selama 8 tahun terakhir.

“Semoga lagu ini dapat mewakili perasaan kaum perempuan di Indonesia. Dimana rasa lelah dan binggung karena kurangnya informasi dan tenaga medis yang cukup kompeten menangani penyakit vaginismus,” ucap Perempuan berusia 36 tahun itu.

Yuanita mengatakan tiap lirik dalam lagu yang diciptakannya tersebut sangat sederhana untuk diterima luas. Lagu Hatiku Untukmu bercerita soal komitmen cinta dan empati dalam berumah tangga.

Singel tersebut kian menarik, lantaran dibalut dengan lantunan piano yang mendayu oleh guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, Prof. Adi Utarini. Seluruh hasil penjualan dari lagu tersebut akan didonasikan untuk mendukung kampanye vaginismus.

Diketahui, lagu Hatiku Untukmu ini dapat diunduh di semua platform musik digital seperti ITunes, apple music, google play, spotify dan deezer. Sebelumnya, Yuanita yang juga jebolan Universitas Jenderal Soedirman itu merilis satu album ‘Terang KasihMu’ bersama dengan Impact Music.

Dimana semua karyanya itu didedikasikan dalam kegiatan sosial untuk mendukung kampanye vaginismus di Indonesia. “Lagu ini saya persembahkan untuk Vaginismus Campaign. Semoga dengan adanya lagu dan kampanye ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengerti dan peduli pada vaginismus,” pungkasnya.(DVD)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: