Belum Punya KIA, Anak Tetap Bisa Daftar Sekolah

Megapolindonesia.com

BEKASI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi tidak mewajibkan Kartu Identitas Anak (KIA) menjadi salah satu syarat administrasi murid baru untuk mendaftarkan diri masuk sekolah.

“KIA itu belum menjadi syarat wajib bagi anak sepanjang mereka sudah memiliki Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” terang Taufik Rachmat Hidayat selaku Kepala Dinas Dukcapil Kota Bekasi, Senin, (4/2/2019).

Dengan dikeluarkannya pernyataan tersebut, Taufik meminta masyarakat untuk tetap tenang dan bersabar untuk mendapatkan KIA tersebut karena memang blangko KIA belum tersedia dan masih menunggu proses pengadaan selesai.

“Karena permintaan yang tinggi, kemarin jajaran kami sudah pinjam ke daerah tetangga sebanyak 30 ribu blangko, dan sekarang sedang masuk proses lelang, sekitar minggu kedua bulan Februari mulai dibelanjakan oleh pemenang tender,” tutup Taufik.

Untuk tahun 2019, Pemkot Bekasi berencana menambah persediaan blangko sebanyak 200.000 dan saat ini masih dalam tahap pelelangan.

Adapun cara pembuatannya, orang tua atau wali anak membawa berkas-berkas permohonan berupa persyaratan penerbitan KIA ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi.

Setelah berkas masuk, akan masuk antrean untuk ditandatangani Kepala Dukcapil. Selanjutnya KIA sudah siap diterbitkan.

Pemohon sendiri selanjutnya bisa mengambil KIA di kantor Dukcapil. Apabila tidak petugas akan mengarahkan pengambilan KIA di kantor kecamatan atau kelurahan si pemohon masing-masing. (Yd)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: