Mendagri Angkat Bicara Soal Penghadangan Truk Sampah Milik DKI

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara terkait ramai-ramai persoalan dana hibah kemitraan yang disoal oleh Pemerintah Kota Bekasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berujung pada penghadangan truk-truk sampah milik DKI Jakarta menuju TPST Bantargebang.

Tjahjo menegaskan jangan hanya karena masalah pencairan dana Pemerintah Kota Bekasi mengambil kebijakan sepihak dengan melakukan penghadangan truk sampah meskipun sedang terjadi silang pendapat dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Kalau sekarang belum cair perlu duduk bersama lagi, dihitung lagi ya. Saya kira wajar karena kan soal tata kelola,” ujar Tjahjo, di Kantor BPK, Jakarta, Senin (22/10/2018).

“Gubernur DKI juga kan harus bicara lagi dengan DPRD-nya. Saya kira mari berembuk lah jangan langsung main boikot (truk sampah dari Jakarta),” lanjut dia.

Tjahjo juga menambahkan Pemprov DKI Jakarta sudah memiliki komitmen sejak beberapa tahun ke belakang untuk menyisihkan sebagian dana untuk daerah-daerah mitranya.

Dana kemitraan yang diberikan disebut Tjahjo sebagai stimulan agar daerah-daerah mitra ikut berperan membantu Jakarta mencegah masalah banjir hingga persoalan sampah.

“Nah sekarang kalau memang ada komitmen, ada perjanjian, wajar, kalau terhambat ya jangan Bekasinya menggugat dan menyetop, kan enggak boleh,” kata dia.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menghetikan belasan truk sampah dari DKI Jakarta. Penghadangan dilakukan di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Rabu (17/10).

Truk bermuatan sampah warga DKI itu dihadang setelah keluar dari gerbang Tol Bekasi Barat menuju tempat pengolahan sampah (TPS) terpadu Bantargebang.

Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi penghentian truk sampah DKI Jakarta dilakukan karena ada beberapa kewajiban DKI sebagai mitra tidak berjalan lancar.(*)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: