EKUP Digelar Dinas LH, Polusi Kota Bekasi Bakal Dipantau

Megapolindonesia.com

BEKASI – Sejumlah jalan protokol di Kota Bekasi bakal dipantau tingkat polutannya oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Suhendra menerangkan bahwa cara pemantauan dilakukan dengan mengecek kualitas udara di tiga jalan protokol selama 18-20 September guna mengevaluasi kualitas udara kota.

“Jalan Ahmad Yani, Jalan Sultan Agung dan Jalan Ir H Djuanda merupakan bagian dari Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang menjadi komponen penilaian nonfisik ajang pemberian penghargaan Adipura,” ujarnya, Selasa, (18/9/2018).

Suhendra menjelaskan EKUP mencakup uji emisi kendaraan bermotor, pemantauan kualitas udara jalan raya melalui Roadside Monitoring, dan pemantauan kinerja lalu lintas (kecepatan dan kerapatan).

Selanjutnya, petugas pemerintah mengarahkan kendaraan yang melintasi lokasi tersebut untuk menjalani uji emisi, lalu memberikan stiker pada kendaraan-kendaraan yang lulus uji emisi.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan dengan cara menurunkan beban pencemaran dari emisi transportasi,” katanya.

Sebagai informasi, EKUP yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi dimulai di Jalan Ahmad Yani depan Stadion Patriot Chandrabaga sejak pukul 06.00 WIB.

Sementara, pada hari kedua, EKUP akan dilakukan di Jalan Sultan Agung-Harapan Indah dan pada hari ketiga di Jalan Ir H Djuanda di depan Taman Makam Pahlawan Bulak Kapal Bekasi Timur.(Yd)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: