Lantamal X Jayapura Amankan 22,8 Kilo Ganja Kering Dari Papua Nugini

Megapolindonesia.com

JAYAPURA – Lantamal X Jayapura, Senin (3/9/2018) merilis barang bukti yang berhasil diamankan berupa 22,8 kg ganja kering yang coba diselundupkan ke Jayapura melalui jalur laut.

Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi didampingi sejumlah pejabat Lantamal X Jayapura menuturkan kronologis kejadian.

Operasi penangkapan berawal dari informasi yang diterima mengenai 3 speedboat mencurigakan yang melintas dari arah PNG diduga membawa narkoba jenis ganja pada Senin, (1/9/2018).

“Satgas kami yang ada di Skouw segera mengambil tindakan dengan menerjunkan speedboat dengan 6 orang personil berangkat melakukan pemeriksaan terhadap 3 speedboat yang dicurigai. Dengan jarak kurang lebih 2 mil, speedboat kami berhasil mendekat,” terang Ipung.

“Mengetahui ada speedboat yang mendekat, mereka berusaha menghindar ketengah laut dan menghindari upaya pemeriksaan. Prajurit kami yang dikomandani oleh Kapten Husain terus mengejar dan coba menghentikan speedboat mereka serta memberikan tembakan peringatan, tapi mereka lari dan berbalik arah ke PNG,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menghindari pengejaran petugas, pelaku membuang barang bukti ke laut dan berhasil melarikan diri.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa 11 karung kecil yang berisi ganja kering dengan berat 16,4 kg, 130 bungkus plastik kecil ganja kering 6,1 kg dan 8 gulung kertas kecil ganja kering siap edar dengan berat 0,3 kg.

Selanjutnya, kata Ipung, barang bukti tersebut akan segera diserahkan kepada BNN Papua.

Hadir dalam rilis tersebut, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Antonius Yunianto Giarsiwa, Dansatrol Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanan Iskandar dan Asops Kolonel Laut (P) Nouldy J. Tangka. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: