Pupuk Kotoran Kelelawar Asal Bekasi Bakal Dikembangkan Kementerian Pertanian

Megapolindonesia.com

BEKASI – Pupuk campuran kotoran kelelawar yang diciptakan oleh Karang Taruna RW 08 Kayuringin Jaya, Kota Bekasi bakal dilirik oleh Kementerian Pertanian untuk dikembangkan dan dipasarkan ke beberapa petani yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Ditemui saat kegiatan Gebyar Pasar Murah Hari Kemerdekaan Kayuringin Jaya RW 08, perwakilan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Astrit Asriningrum menilai bahwa produk pupuk kelelawar ciptaan Karang Taruna 08, Kayuringin Jaya ini memiliki banyak kelebihan dari segi kandungan dan segi ekonomis.

“Kami menilai pupuk ini memiliki keuggulan karena memiliki nilai oktan tinggi, kadar oktan inilah yang membuat tanaman menjadi subur dan cepat berbuah, selain itu dapat menjadi stimulan pertumbuhan akar baru, ini dapat digunakan untuk sayur mayur dan buah-buahan di daerah tropis,” ujarnya, Minggu, (12/8/2018).

Di tempat yang sama, pengurus Karang Taruna RW 08, Fauzi Devantoro menjelaskan kandungan pupuk kotoran kelelawar ini sehingga bisa menghasilkan nilai oktan yang tinggi dan layak diberi standar nasional.

“Kandungannya kotoran kelelawar saja, ditambah air kelapa untuk menghilangkan aroma tak sedap yang dihasilkan, kami sudah uji coba di pohon Ara, pohon Kurma, pohon Jambu, dan pohon Bidara, dan hasilnya sangat memuaskan, akarnya kuat, buahnya manis dan pertumbuhannya sangat cepat,” jelas anak muda berusia 13 tahun ini.

Ketika ditanya mengenai potensi pupuk ciptaannya mendapat perhatian lebih dari Kementan, dirinya mengaku terpacu untuk memproduksi kuantitas pupuk kotoran kelelawar lebih banyak dan mencoba ke beberapa tanaman lain yang sebelumnya belum pernah menjadi objek tanam.

“Kalaupun memang akan dilirik oleh Kementan, kami jelas akan memproduksi lebih banyak lagi pupuk ciptaan kami dan melanjutkan inovasi-inovasi lain di bidang pertanian dan agrikultura,” tutup Devan yang sedang mengenyam pendidikan di SMPN 7 Kota Bekasi ini. (Yd)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: