Jelang Idul Fitri, Pertamina Pastikan Stok BBM dan Elpiji Maluku – Papua Aman

Megapolindonesia.com

PAPUA – Menyambut bulan puasa dan Idul Fitri 1439 H, Pertamina Marketing Operation Region VIII melakukan sejumlah upaya untuk memastikan kebutuhan bbm dan elpiji dalam kondisi aman di wilayah Maluku – Papua.

GM Pertamina MOR VIII, Boy Frans Justus Lapian, memperkirakan adanya penurunan konsumsi untuk bbm dan elpiji sama seperti tahun lalu.

“Ini disebabkan banyak penduduk yang mudik sehingga menyebabkan turunnya arus kendaraan dan aktivitas masyarakat,” ujar Boy.

Dikatakan oleh Boy, meski demikian pihaknya tetap mengantisipasi bila terjadi peningkatan konsumsi dan memastikan stock bbm dan elpiji aman.
“Untuk avtur pesawat, diperkirakan naik karena sejumlah maskapai menambah jumlah penerbangan. Rata – rata kenaikan terjadi di 11 DPPU. Pada kondisi normal kebutuhan avturnya 789 KL perhari, maka diperkirakan naik menjadi 848,3 KL perhari,” lanjutnya.

Boy menambahkan, sejumlah upaya dilakukan untuk memastikan ketersedian stock BBM dan Elpiji di pasaran, yakni membentuk satgas yang bertugas memantau kecukupan BBM, Elpiji dan Avtur, melakukan buffer stock di terminal bbm, menyiapkan terminal bbm yang beroperasi selama 24 jam bila diperlukan, berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengamanan penyaluran bbm dan elpiji.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan armada mobil tangki dan petugas yang selalu standby mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM, menyiapkan tambahan kapal tanker pengirim bbm ke pelosok Maluku dan Papua, serta menyiagakan tim satgas untuk meningkatkan kewaspadaan setiap kemungkinan yang menyebabkan bbm tidak aman. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: