Legislator DPR RI Ingatkan Timsel KPU Papua Untuk Hindari Kepentingan Politik

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Anggota DPR RI, Komarudin Watubun, mengingatkan tim seleksi anggota KPU Papua untuk bekerja profesional dan bebas dari kepentingan politik.

“Mereka ini diuji kredibilitasnya dan kapasitasnya, baik individu maupun kelembagaan. Oleh karena itu, semua calon yang bermasalah harus didrop, sebelum diserahkan kepada KPU RI,” kata Bung Komar.

Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan itu sudah banyak pengaduan dari masyarakat yang masuk ke pihaknya terkait nama – nama dan rekam jejak calon anggota KPU Papua.

“Sudah banyak laporan, tapi harus diverifikasi datanya,” ujarnya.

Terkait dengan kriteria anggota KPU, ia mengingatkan ada aturan main atau syarat yang harus dipenuhi, yakni calon anggota komisioner harus melepas diri dari partai politik minimal 5 tahun. Untuk mantan anggota KPU yang mengikuti seleksi, timsel harus melihat secara cermat.

“Di Papua banyak yang punya masalah DKPP. Sudah ulang – ulang ditegur oleh DKPP. Jangan dibuat seperti di Papua tidak ada manusia yang baik. Banyak orang pintar disini, orang cerdas disini,” kata dia.

“14 nama yang akan diserahkan kepada KPU RI, harus bagus semua,” imbuhnya.

Dengan tegas Komarudin Watubun mengatakan DPR RI mengawasi proses seleksi anggota KPU Papua.

“Ibarat masakan, timsel tidak bisa bebas, mereka diberi tugas memasak, persembahkanlah masakan yang baik,” kata Bung Komar.

“Kita mau Papua jangan identik dngan proses demokrasi yang kacau balau, sebab proses demokrasi; baik dan buruknya dimulai dari proses yang benar,” pungkasnya. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: