Siloam Hospitals Lippo Cikarang Perkenalkan Operasi Ganti Sendi

Megapolindonesia.com

BEKASI – Siloam Hospitals Lippo Cikarang (SHLC) memperkenalkan teknik operasi Total Knee Replacement (TKR) melalui agenda rutin Media Gathering & Round Table Discussion yang digelar di Aula SHLC, Selasa (8/4/2018).

Dalam kesempatan tersebut, salah satu dokter spesialis Ortopedi dan Traumatologi, dr Hendra Andry Wijaya memaparkan dan menjelaskan cara kerja operasi TKR.

“TKR sendiri merupakan operasi penggantian sendi lutut (arthroplasty) dengan bahan logam dan plastik (polyethylene) dimana nantinya permukaan tulang bawah pada sendi diganti dengan logam yang datar dan dialasi pula dengan plastik yang berperan sebagai tulang rawan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, operasi TKR diberikan dan dilakukan kepada pasien dengan kondisi Osteoarthritis (OA). OA sendiri adalah suatu proses degeneratif atau penuaan atau aus yang terjadi pada sendi. OA juga merupakan proses kronik yang ditandai dengan kerusakan rawan sendiri.

“Kami akan memberikan penanganan operasi TKR kepada pasien yang sudah memasuki kondisi osteoarthritis stadium lanjut atau grade IV. Biasanya, pasien itu sudah mengalami perubahan bentuk fisik kaki yang menyerupai huruf O atau X yang mempersulit gerakan berjalan,” bebernya.

Disisi lain, dr Poetranto Hari yang juga merupakan salah satu dokter spesialis Ortopedi dan Traumatologi menjelaskan efek dari penanganan operasi TKR kepada pasien penderita osteoarthritis.

“Operasi TKR itu dilakukan bukan untuk memperpanjang usia pasien, tetapi untuk mengurangi rasa nyeri atau kecacatan yang terjadi karna suatu kerusakan sendi yang biasanya disebabkan oleh radang sendi (arthritis), baik karena proses penuaan, cedera, penyakit autoimun seperti rematik, atau kondisi pasien yang mengkonsumsi obat-obatan steroid dalam jangka panjang,” paparnya dalam kesempatan yang sama.

Biasanya, pasien yang membutuhkan atau harus diberikan penanganan operasi TKR rata-rata berusia 50-60 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan usia-usia dibawah 40 tahun bisa terjangkit atau menderita osteoarthritis.

Selain itu, penanganan operasi TKR di Siloam Hospitals Lippo Cikarang bisa dilakukan atau diberikan kepada para peserta BPJS Kesehatan, bahkan dalam proses terapi yang harus dilakukan oleh pasien usai menjalani operasi TKR.

“Intinya, operasi TKR ini bertujuan untuk memperbaiki atau mengembalikan keaktifan hidup seseorang. Jadi, bagi penderita osteoarthritis dan ingin kembali beraktivitas normal, operasi TKR bisa menjadi solusinya,” pungkasnya.(MG)

Beri Komentar

%d bloggers like this: