Perkuat Keamanan Laut, Lantamal X Jayapura Siapkan Dua KRI Patroli

Megapolindonesia.com

PAPUA – Lantamal X Jayapura, Rabu (2/5/2018), telah meresmikan Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X dengan tugas operasi keamanan laut dan mengantisipasi ancaman, gangguan dan keamanan laut.

Komandan Lantamal X Jayapura, Brigjen Marinir Ipung Purwadi, mengatakan saat ini ada 14 satrol yang sudah terbentuk, dimana sebelumnya satrol tersebut bernama satuan keamanan laut (Satkamla).

“Satkamla hanya memiliki Kapal Angkatan Laut (KAL), dan Patroli Keamanan Laut (Patkamla). Sekarang diperkuat dengan kapal – kapal patroli, KRI PC-40, dengan kemampuan manuver yang tinggi sehingga siap melakukan operasi keamanan laut di wilayah perairan Papua” terang Ipung.

Ia meyakini kehadiran satrol lantamal X akan mampu merespon berbagai kerawanan yang terjadi di laut, antara lain illegal fishing, illegal logging, trafficking dan penyelendupan narkoba.

“Soal kerawanan wilayah laut, satrol sudah terbentuk. Namun, untuk patrol lebih jauh lagi kita butuhkan kapal yang lebih besar. Ada 2 KRI yang akan diserahkan untuk dioperasionalkan, yakni KRI Tatihu – 853 dan KRI Albakoro – 557,” paparnya.

Diperkirakan, KRI Tatihu dan KRI Albakoro akan tiba di Jayapura pada pertengahan tahun ini.

Selain meresmikan satrol, Danlatamal X juga mengukuhkan patkamla P. Enggros, dengan nomor lambung 1-10-22 dan menerima bantuan dua unit ambulance dari PT. Pertamina.

“Penggunaan nama P. Enggros untuk patkamla ini, merupakan penghargaan kepada masyarakat Kota Jayapura, khususnya kampung Enggros sebagai desa binaan Lantamal X,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jayapura, H. Rustan Saru, menyambut baik nama P. Enggros yang dikukuhkan sebagai nama patkamla. Rustan mengharapkan dengan adanya satrol Lantamal X, keamanan di perairan Jayapura lebih ditingkatkan.

“Untuk memantau dan meminimalisir penyelundupan narkotika dari PNG, illegal fishing, illegal logging dan tenaga kerja asing,” ujarnya.

Acara peresmian satuan patroli Lantamal X Jayapura tersebut, dihadiri oleh Wadanlantamal X Kolonel (P) Antonius Giarsiwi, Komandan KAL Piton Kapten (P) Pamungkas, Komandan Kapal Lahakia, Kapten (P) Kukuh dan pejabat terkait. (YA)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: