Sehari Operasi, Polisi Sita Ratusan Miras Tak Berizin Di Kios Jamu

Megapolindonesia.com

BEKASI – Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengamankan ratusan botol minuman keras (miras) dengan rincian 243 botol miras bermerek dan 40 bungkus dengan berat 1 liter miras oplosan.

Miras-miras tersebut didapati dari hasil operasi miras di sembilan titik yang dilakukan pada Sabtu malam, (14/4/2018) dan Minggu malam, (15/4/2018).

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan operasi miras dengan target Zero Miras hingga Kota Bekasi benar-benar steril dari peredaran miras

“Komitmen kami akan terus memberantas miras hingga menjelas bulan puasa Ramadhan. Jadi di bulan puasa nanti mudah-mudahan Kota Bekasi sudah bersih dari peredaran miras,” ujarnya saat menggelar konferensi pers dilingkungan Mabes Polres Metro Bekasi Kota, Senin (16/4/2018).

Selain itu ia mengungkapkan, salah satu titik rawan yang banyak ditemukan miras yang dijual bebas ialah wilayah Jatiasih. Sedangkan, untuk wilayah lain meliputi Bekasi Utara, Pondok Gede, Bantar Gebang, dan Mustikajaya.

Ia juga mengatakan, hampir 95% miras yang diciduk berasal dari toko atau kios yang berkedok menjual jamu. Bahkan, sebagian kios jamu tersebut terbilang ilegal, baik dalam segi perizinan usaha maupun penjualan miras itu sendiri.

Untuk itu, pihaknya bersama dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi akan berupaya untuk menyisir toko-toko atau kios-kios penjual jamu atau obat-obatan guna pembersihkan peredaran miras.

“Polres bersama Pemkot akan bentuk tim khusus untuk melakukan penyisiran di toko atau kios yang menjual miras, khususnya penjual jamu. Kami akan dengan tegas menutup toko jamu tak berizin, maupun yang kedapatan jual miras,” tegasnya.

Dari hasil operasi tersebut juga didapati satu orang pelaku yang terbukti mengedarkan atau menjual miras. Ialah Henratmoko (40), warga Kampung Mekarsari, RT 01/01, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Pelaku sendiri merupakan pemilik kios jamu yang terletak di area Pasar Teluk Buyung, Jalan Raya Perjuangan, Kelurahan Marga Mulya, Bekasi Utara.

“Pelaku yang ditangkap sendiri sudah kita tahan. Sedangkan kita masih mengejar seorang tersangka pemilik dari home produksi miras oplosan yang ada di Jatiasih yang kini masih buron,” tambah Indarto.

Sedangkan, pasal yang dikenakan terhadap pelaku tertangkap ialah Pasal 204, KHUP tentang Peredaran Miras dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun.(MG)

Beri Komentar

%d bloggers like this: