Pemilu 2019, Jumlah TPS Dengan Sistem Noken Di Papua Menurun

Megapolindonesia.com

PAPUA – Selasa (10/4/2018), Ketua KPU Papua Adam Arisoi mengatakan ada 2109 TPS di Papua yang masih menggunakan sistem noken. Jumlah ini tersebar di beberapa kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Jumlah TPS ini menurun dari pemilu sebelumnya yang mencapai 7983 tps.

“Jayawijaya dulu 581 tps noken, sekarang 202 tps, 379 masih menggunakan sistem noken. Untuk Kabupaten Puncak Jaya, hanya
26 tps dari 409 tps yang sudah tidak mengg,unakan noken . Sementara untuk Kabupaten Nduga hanya 2 tps yang sudah tidak menggunakan noken dari 421 tps,” terang Adam Arisoi.

Adam menambahkan untuk kabupaten yang sudah tidak lagi menggunakan sistem noken pada pilkada mendatang, ialah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sistem noken adalah sistem pemilihan yang digunakan hanya dalam pemilihan umum di Papua. Sistem ini didasarkan pada kearifan lokal dimana noken digunakan sebagai pengganti kotak suara. Sistem Penggunaan sistem noken sendiri diatur oleh PKPU no. 10/2017.

Menurut Adam Arisoi, penurunan jumlah tps noken yang sangat signifikan tersebut, dikarenakan sosialisasi yang masif dilakukan oleh KPU.

” Sistem noken ini akan tetap digunakan hingga dengan sendirinya tidak digunakan lagi. Proses mengubah sistem noken tidak semudah membalikkan telapak tangan. Artinya sosialisasi yang dilakukan berhasil,” pungkasnya. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: