Kawanan Maling Motor Berkedok Ojek Online Dibekuk Polisi

Megapolindonesia.com

BEKASI – Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengamankan lima dari delapan orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Bekasi. 

“Pada Sabtu (7/4/2018) lalu kami berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor, ini termasuk kasus besar,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto saat menggelar konferensi pers, Senin (9/4/2018).

Kelima pelaku meliputi AK, FM, JK, TF, dan DW berhasil diamankan di area kontrakan kawasan Perumnas III, Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Para pelaku pun ditangkap setelah adanya laporan dari warga sekitar yang merasa curiga lantaran para pelaku kerap terlihat bergonta-ganti motor.

Berdasarkan pengakuan salah satu ketua kelompok pencuri, AK mengatakan bahwa mereka telah beroperasi sekitar setahun lamanya. Sementara, modus operandi yang dilakukan terbilang unik, salah satunya dengan berpura-pura menjadi driver online. 

“Mereka menyamar sebagai pengemudi ojek online, lalu ada temannya juga pura-pura sebagai penumpang sehingga ketika mencari sasaran tidak dicurigai karena pura-puranya jadi tukang ojek,” terang Indarto. 

Kedua, lanjut Indarto, dengan bermodus seperti orang berpacaran. Diterangkan, salah satu pelaku yang masih dalam pencarian, yakni YT, berperan sebagai pacar ketika mencari korban. 

“Jadi dia si perempuan di bonceng pura-pura pacaran, terus bertamu ke sebuah rumah, padahal bertamu juga berpura-pura dengan maksud mencari motor yang tidak dijaga lalu diambil,” kata Indarto. 

“Lalu cara ketiga dengan cara konvensional yakni membobol langsung dengan kunci letter T, jadi ada tiga modus,” tambahnya.

Indarto juga mengungkapkan, para pelaku kerap juga melakukan tindak pencurian dengan dengan cara kekerasan. Dalam penangkapan di kontrakan, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah senjata tajam dan pistol mainan untuk menakut-nakuti korban. 

Menurut Indarto, selama waktu setahun tersebut, mereka mengaku telah mencuri kendaraan bermotor dari 50 TKP. Sementara pihaknya baru berhasil mengamankan 4 kendaraan bermotor dari 12 laporan TKP para pelaku. 

Sedangkan ketiga pelaku lainnya, ialah YT, AD, DR, ditambah seorang penadah, MD masih dalam pencarian pihak kepolisian. Dimana pihak kepolisian sendiri akan terus berupaya mengungkap motor-motor milik masyarakat yang selama ini dilaporkan telah dicuri. 

“Berdasarkan keterangan saksi dan pelaku, perbuatan mereka dapat dikenanakan tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkasnya.(MG)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: