KPU Papua Tepis Tudingan Fobeja Soal LHKPN Calon Kepala Daerah

Megapolindonesia.com

PAPUA – Menanggapi tudingan yang dilontarkan oleh Forum Bersatu Jayawijaya (FOBEJA) terkait dengan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) paslon di tiga kabupaten, KPU Papua menyatakan bahwa LHKPN tidak bermasalah dan apa yang dilakukan oleh KPUD sudah benar.

“Untuk menyikapi informasi dan isu yang berkembang tentang 3 kabupaten di Papua, yakni Deiyai, Jayawijaya dan Puncak, yang paslonnya dituding terlambat menyampaikan harta kekayaannya ke KPK, KPU Papua telah melakukan klarifikasi sesuai surat KPU RI no 148,” kata Adam Arisoi, Ketua KPU Papua.

Adam merinci, bahwa untuk kabupaten Jayawijaya sudah tidak ada masalah dan telah sesuai dengan tahapan yang berjalan.

“Jayawijaya itu, tahapan berbeda dengan daerah lain, karena dari awal hanya ada satu pasangan calon, atas perintah KPU RI maka di buka kembali pendaftaran bakal calon. Pasangan calon John Banua dan Marthen Yojobi telah menyerahkan LHKPN pada tanggal 23 Januari, jadi di serahkan sebelum tanggal 29 masih di range waktu perbaikan,” ucapnya.

Sementara, Ketua KPUD Jayawijaya, Adi Wetipo menambahkan pihaknya sudah melakukan klarifikasi terkait hal tersebut di Surabaya dan Jakarta.

“Apa yang kita lihat di tuntutan karena hanya satu pasangan, dan calon yang bersangkutan telah menyerahkan LHKPN pada tanggal 23 Januari dan tidak terlambat,” katanya.

Adi menegaskan bahwa langkah yang diambil sesuai dengan tahapan yang sesuai dengan keputusan KPU RI.

“Apa yang disangkakan oleh Foberja ini tidak benar, karena kami sudah bekerja sesuai dengan tahapan yang berlaku,” pungkasnya (YA).

Beri Komentar

%d bloggers like this: