KPU Ingatkan APK Paslon Pilkada Harus Sesuai Ketentuan

Megapolindonesia.com

BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memperingatkan pasangan calon pemilihan wali kota untuk memasang atau membuat Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan ketentuan.

Ketentuan tersebut di antaranya berupa desain APK yang harus sesuai dengan apa yang ditunjukkan kepada KPU sebelumnya. Namun belakangan justru banyak bertebaran APK-APK yang tidak sesuai ketentuan.

“Kita sangat menyayangkan karena itu bentuk pelanggaran administratif, kan, paslon tidak boleh memproduksi selain dari desain yang diserahkan ke KPU,” ujar Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, Selasa (20/3/2018). 

Nurul juga mengungkapkan, bahwa temuan di lapangan masih terdapat pemasangan APK yang tidak sesuai pada tempat yang ditentukan. Padahal sosialisasi berkenaan hal itu juga telah dilakukan cukup lama. 

“Selain itu yang liar, itu ilegal harusnya ditertibkan,” tambahnya.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa pihaknya hanya memiliki wewenang untuk mengingatkan pada paslon berikut tim pemenangan bahwa hal tersebut salah.  Dia juga meminta, agar pihak pengawas pemilu dapat memantau perkembangan Pilkada, alih-alih masih ada bentuk pelanggaran.

“KPU wewenangnya hanya sekedar mengingatkan bahwa itu adalah ilegal, namun untuk penindakan wewenangnya di Satpol PP yang diberikan rekomendasi penertiban oleh Panwaslu,” pungkasnya.(MG)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: