Tiga Jenis Berita Hoax Menurut Kapolres Metro Bekasi Kota

Kapolres Metro Bekasi Kota, Komisaris Besar Polisi Indarto. (dok. Istimewa)

Megapolindonesia.com

BEKASI – Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Indarto mengatakan, ada tiga jenis tipe-tipe berita hoax yang harus diperhatikan dan dipahami masyarakat. Hoax sendiri memiliki arti berita bohong. Saat ini, Hoax menjadi salah satu masalah serius bahkan sebuah ancaman yang bisa memecah belah bangsa.

“Ada tiga jenis Hoax. Yang pertama, berita yang sama sekali tidak benar atau tidak ada. Misal, disalah satu kota ada berita bahwa ada seorang ulama yang dibunuh. Tetapi setelah dikonfirmasi, ternyata tidak ada kasus seperti itu. Itu hoax namanya, apalagi sampai menimbulkan keresahan,” ujar Indarto saat ditemui, Selasa (13/3/2018).

“Kedua, isi berita yang biasa saja tapi judulnya dibombastiskan. Contohnya, tadi pagi saya sedang olahraga kemudian saya terjatuh karna tersandung. Tapi dibikin beritanya Kapolres Metro Bekasi Kota Tersungkur. ‘kan kesannya jadi berlebihan. Itu juga termasuk dalam hoax,” lanjutnya.

“Nah yang ketiga, berita yang kebenarannya disamarkan kemudian lebih dicondongkan kepada hal yang mengarah kepada negatifnya. Misalnya, petani yang direbut lahannya oleh pihak A. Padahal dalam pengadilan tanahnya itu memang sengketa, dan petaninya memang kalah. Tapi dibuat seolah-olah petani itu terintimidasi. Jadi beritanya memancing provokasi,” pungkasnya.

Untuk itu, Kombespol Indarto pun mengingatkan kepada masyarakat agar lebih cerdas dan bijak dalam mengkonsumsi berita-berita yang mungkin mengarah kepada hoax atau memang benar adalah hoax.

Menurutnya, agar masyarakat bisa terhindar dari hoax dan tidak terpengaruh oleh Hoax, masyarakat harus tau terlebih dahulu isi dari berita itu sendiri. Berita tersebut harus membenturkan isi berita dengan logika, masuk akal atau tidak. Kemudian jika ragu apakah berita itu benar atau hoax, bisa dicek melalui pihak-pihak yang berwenang seperti Diskominfo milik Pemerintah Daerah (Pemda), atau kepada Polres maupun Polsek.(MG)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: