Pengambilan Nomor Urut Pilgub Papua: Lukmen Nomor 1, Johsua Nomor 2

Megapolindonesia.com

PAPUA – Rapat pleno terbuka dengan agenda pencabutan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Papua 2018 berlangsung di halaman kantor KPU Papua, jalan Soalnya Siu Dok Dua Jayapura (21/2/2018).

Pencabutan nomor urut dihadiri oleh 5 orang komisioner KPU Papua, sekretaris KPU, ketua dan anggota bawaslu.

“Sebelum melakukan kampanye diperlukan nomor urut sehigga hari ini kits lakukan pencabutan nomor urut,” kata Adam Arisoi, Ketua KPU Papua.

Selanjutnya Adam mempersilahkan cawagub Habel Melkias Suwae (HMS) untuk terlebih dahulu mengambil nomor undian, kemudian dilanjutkan oleh cawagub Klemen Tinal mengambil nomor undian.

Sesuai dengan nomor undian dimana HMS mendapat nomor pertama, selanjutnya Adam mempersilahkan John Wempi Wetipo, untuk mengambil tifa kemudian dilanjutkan dengan Lukas Enembe.

Berikutnya, JWW dan LE secara bersamaan mengambil gulungan kertas yang terselip dalam tifa. Adam Arisoi yang memimpin langsung pencabutan nomor urut kemudian berhitung mundur, dan secara bersamaan kedua cagub Papua membuka gulungan diikuti dengan yel yel massa pendukungnya.

Hasilnya, pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen) yang diusung oleh koalisi Papua Bangkit mendapat nomor urut satu dan pasangan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Johsua) yang diusung oleh koalisi Papua Cerdas mendapat nomor urut dua.

Setelah dilakukannya pencabutan nomor urut kemudian dilakukan pengesahan nomor urut. Namun sebelumnya, didahului oleh pembacaan SK pengesahan oleh KPU Papua.

“Dengan demikian telah dibacakannya SK penetapan nomor urut, maka dengan demikian kita sahkan nomor urut,” kata Adam (YA).

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: