Izak Hikoyabi: KPU Papua Wajibkan Bendahara Pengeluaran Disertifikasi

Megapolindonesia.com

PAPUA – KPU Papua menggelar bimtek bagi bendahara pengeluaran selama tiga hari, 18 – 21 Februari 2018, yang diikuti oleh bendahara KPUD se-Papua.

“Diklat ini untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dari para bendahara untuk mengelola keuangan dalam tahapan pilgub di 7 kabupaten, bahkan di provinsi Papua. Mereka mengelola dana yang bersumber dari APBN, untuk pelaksanaan pileg dan pilpres,” terang Izak Hikoyabi, komisioner KPU Papua yang membidangi logistik pemilu.

Izak mengatakan sasaran yang ingin dicapai dalam diklat tersebut, supaya bendahara KPUD di 29 kabupaten/ kota yang belum memiliki sertifikasi diwajibkan mengikuti diklat tersebut.

Selama menjalani diklat, para bendahara akan menjalani dua tes, yakni tes bendahara dan tes sertifikasi. Sebelum dilakukan post tes, mereka mendapat materi dari kalangan profesional.

“Syarat sertifikasinya, bagaimana mengelola keuangan dengan baik, menguasai aplikasi dalam keuangan KPU, menguasai prinsip – prinsip dalam keuangan. Kalau sudah punya sertifikasi baru diakui untuk mengelola keuangan dalam satu unit kegiatan,” kata Izak.

Selanjutnya Izak mengatakan, sertifikasi menjadi syarat wajib bagi bendahara pengeluaran. Bagi mereka yang tidak lolos dalam sertifikasi, akan dilakukan tes ulang. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: