Pansus DPRP Serahkan Berkas Kandidat Pilgub Ke Majelis Rakyat Papua


Megapolindonesia.com

BEKASI – Rabu (14/2/2018), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Yunus Wonda, bersama ketua pansus pilgub DPRP, Thomas Sondegau dan anggota pansus mendatangi kantor MRP.

Hadir bersama mereka, sejumlah anggota pansus, yakni Boy Markus Dawir, Orgenes Wanimbo, Yulianus Rumbayrusi, Mustakim, Nasson Uti, Radius Simbolon, Kris Risamasu, Elvis Tabuni dan Beatrix Monim.

Kedatangan anggota pansus tersebut dengan agenda penyerahan berkas 4 orang kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua. Penyerahan berkas tersebut dilakukan dalam rapat pleno, yang berlangsung sekitar satu jam di ruang sidang MRP, Jalan Raya Abepura.

Ketua MRP, Timotius Murib, mengapreasi langkah yang dilakukan oleh DPRP, yakni penyerahan berkas kepada MRP. Sehingga MRP bisa menjalankan kewenangannya seperti yang diatur dalam UU otsus.

Berkas diterima oleh sekretaris MRP, Wasuok D Siep dari Ketua Pansus Pilgub, Thomas Sondegau. Berkas tersebut langsung diserahkan kepada Timotius Murib, dan selanjutnya diteruskan kepada Ketua Tim Pansus Pilgub MRP, Beny Swenny.

“Waktu kami sangat singkat, oleh karena itu mulai hari ini kami bekerja secara marathon untuk melakukan tahapan verifikasi keaslian Orang Papua,” kata Timotius Murib.

Dikatakan oleh Murib, dalam 1 – 2 hari kedepan akan dilakukan verifikasi faktual ke daerah asal bakal calon.

“Selanjutnya kami akan undang dua kandidat menyampaikan silsilah dengan bahasa daerah masing – masing,” lanjutnya.

Timotius Murib menambahkan, 3 dari 4 kandidat yang maju, pernah dilakukan verifikasi keaslian Orang Papua pada pilgub sebelumnya. Namun, tetap akan dilakukan verifikasi ulang dengan tambahan beberapa materi baru.

Sementara itu, Ketua DPRP, Yunus Wonda mengatakan pihaknya menunggu pihak MRP selesai melakukan verifikasi. Berkas tersebut, selanjutnya akan dikembalikan kepada DPRP untuk diteruskan kepada KPU.

“Jadi, ini semua kami laksanakan untuk kita tahu bahwa batang tubuh UU Otsus nomor 21 tetap kita laksanakan,” terangnya.

Yunus mengajak seluruh masyarakat untuk memberi dukungan terhadap tahapan yang sedang berjalan.

“Mari kita beri dukungan dukungan kepada tahapan yang akan berjalan. Mereka yang akan maju adalah anak – anak Papua,” ujarnya.

Dengan penyerahan berkas tersebut, dikatakan oleh Yunus, ketiga lembaga sudah tidak ada persoalan.
“Tujuan kami ialah satu, untuk mensukseskan pilgub Papua,” kata dia.

Ia menghimbau kepada semua pihak, untuk mengikuti mekanisme yang sedang berjalan, sehingga pencoblosan pada 27 Juni mendatang, dapat berjalan dengan baik. (YA).

Beri Komentar

%d bloggers like this: