KPU Papua Serahkan Berita Acara Verifikasi Parpol

Megapolindonesia.com

PAPUA – KPU Papua, Senin (5/2/2018) menyerahkan berita acara verifikasi partai politik peserta pemilu 2019.

Berkas verifikasi parpol diserahkan oleh Komisioner KPU Papua, Tarwinto, yang membidangi divisi hukum dan pengawasan kepada perwakilan parpol. Penyerahan berkas disaksikan oleh anggota Bawaslu, Yacob Paisei.

12 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat, yakni: Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, PAN, PKPI, Hanura, PKS, dan PBB.

“Saya pikir tidak ada soal untuk tingkat provinsi, hanya nanti kita lihat di tingkat kabupaten apakah memenuhi syarat atau tidak,” kata Tarwinto

“Biasanya untuk memenuhi kriteria dalam undang – undang di tingkat kabupaten yang paling berat karena keanggotaan harus 1/1000 dari jumlah penduduk, dan keanggotaan harus tersebar di 50% distrik di kabupaten tersebut,” imbuhnya.

Di katakan oleh Tarwinto, laporan dari tingkat kabupaten belum diterima oleh KPU, namun penyerahan berkas dijadwalkan pada tanggal 7 Februari.

Tarwinto menambahkan selain 12 parpol tersebut, KPU Papua juga telah melakukan verifikasi 4 parpol baru pada bulan Desember 2017. 4 parpol tersebut, yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

“Untuk tingkat provinsi ke empat parpol tersebut memenuhi syarat, untuk tingkat kabupaten verifikasinya masih berjalan. Kita lihat nanti laporan dari KPUD di kabupaten,” pungkasnya (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: