Tim Mabes Polri Turun Langsung Pantau Pilkada Papua


Megapolindonesia.com

PAPUA – Mabes Polri turunkan tim untuk pantau pelaksanaan pemilukada di Papua. Tim mabes pada Senin malam (29/1/2018) melakukan pertemuan dengan para komisioner KPU Papua di Hotel Aston, Jalan Percetakan, Jayapura.

Brigjen Pol Petrus Wayne, yang pernah menjabat sebagai Irwasda Papua mengatakan ada 2 Jendral dan 3 Kombes yang ditugaskan oleh Kapolri berdasarkan surat perintah terkait dengan pelaksanaan pemilukada di Papua.

“Tugas kami adalah melaksanakan pengamatan wilayah kemudian asistensi di tingkat Polda dan di beberapa kabupaten yang melaksanakan pemilukada di kabupaten/kota. Tugas kita maping kerawanan,” terang Petrus Wayne.

Lebih lanjut Petrus mengatakan pihaknya melakukan pengamatan dan pemetaan hambatan yang sedang dialami maupun akan dialami oleh kepolisian atau KPU sebagai penyelenggara pemilu.

“Tugas kita adalah melaksanakan pemetaan kerawanan dimana sumber kerawanan dan kemudian akibat yang ditimbulkan perlu diantisipasi oleh Polri maupun penyelenggara pemilu dan instansi terkait,” paparnya.

“Harapannya adalah untuk mengamankan pemilukada harus sukses, personil siap, sarana siap, bertindaknya siap, sarana dan prasarana pengaman juga siap,” imbuhnya.

Terkait dengan pengamanan yang dilakukan, pihaknya juga mengecek kesiapan anggaran.

“Serpas itu lewat darat, laut, dan udara. Nah, ini pun menggunakan biaya, apakah biayanya yang diajukan ke pemerintah sudah dipenuhi atau belum,” katanya.

Ketua KPU Adam Arisoi, usai pertemuan mengatakan dalam pertemuan tersebut pihaknya menyampaikan berbagai kendala dalam pelaksanaan pemilukada.

“Kami sampaikan kepada tim Pamatwil soal berkas atau dokumen dua bakal paslon gubernur dan wakil gubernur yang masih tertahan di DPR,” katanya. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: