“Kota Bekasi Harus Maksimalkan Fasilitas Untuk Para Pesepeda”

Megapolindonesia.com

BEKASI – Perkembangan moda transportasi terus mengalami peningkatan seiring kebutuhan dan lifestyle masyarakat di sebuah perkotaan. Sebagai kota yang berkembang, Kota Bekasi dinilai membutuhkan layanan transportasi berbasis massal yang terintegrasi dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan warga.

Sehingga masyarakat tidak lagi memilih kendaraan pribadi konvensional baik sepeda motor maupun mobil sebagai pilihan utama untuk beraktifitas.

Hasan Muhtar, anggota Dewan Transportasi Kota Bekasi mengatakan, tak banyak jenis olahraga yang mampu menjadi sarana hiburan dan akhirnya menjadi gaya hidup.

Dirinya mencontohkan bahwa aktifitas bersepeda merupakan jawaban dari Bersepeda tumbuh menjadi hobi yang sangat populer, menjawab kebutuhan berbagai lapisan usia, dan dapat dijangkau oleh beragam strata sosial ekonomi karena tidak makan banyak biaya.

Dalam aktifitas kesehariannnya, ia menceritakan di sela-sela kesehariannya sebagai pengguna kendaraan roda empat, dirinya juga selalu membawa Sepeda Lipat di bagasi mobilnya.

Menurutnya, sepeda lipat dinilai lebih praktis dalam penyimpanan serta mudah untuk dipergunakan dimana saja.

“Alat fungsional yang semula merupakan sarana transportasi sederhana dan murah tak bisa dipandang remeh di zaman sekarang, bersepeda sudah menjadi gaya hidup,” kata pria yang akrab disapa Hasan Mumu ini.

Tingginya minat masyarakat untuk bersepeda, lanjut Hasan ditandai dengan munculnya berbagai komunitas sepeda, di antaranya komunitas jenis sepeda tertentu seperti komunitas sepeda lipat, komunitas sepeda Fixie, komunitas sepeda Low Rider, komunitas sepeda Ontel, dan masih banyak komunitas lainnya.

“Bersepeda selain ramah lingkungan juga bisa dijadikan bagian dari solusi mengurangi kemacetan, saya pikir pemkot juga harus lebih serius terhadap hal tersebut, banyak fasilitas umum, taman, rumah sakit, kawasan perkantoran, bahkan restoran-restoran besar, masih banyak yang tidak menyediakan tempat khusus parkir sepeda,” imbuh pria yang sedang menjabat sebagai Sekretaris GP Ansor Kota Bekasi ini.

Selain itu, jalur sepedapun perlu terus di tambah dan ditingkatkan tidak hanya di ruas jalan protokol, akan tetapi rute menuju jalan protokol pun perlu dibuat jalur khusus.

“Semua akan berjalan seiring dengan pembangunan yang sudah berjalan baik seperti pedestrian, taman-taman kota, tentu hasilnya akan lebih maksimal jika fasilitas pengguna sepeda juga ditingkatkan.” pungkasnya.(*)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: