KPU Papua Awasi Hari Pertama Coklit Serentak

Megapolindonesia.com

PAPUA – Komisioner KPU Papua, pada Sabtu (20/1/2018) turun langsung ke lapangan untuk mengawasi Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2018.

Ketua KPU Adam Arisoi, mengatakan pada hari pertama coklit, KPU menurunkan timnya ke berbagai daerah di Papua.

“Sampelnya di Bovendigul, Merauke, Jayawijaya, Biak serta Kota Jayapura,” kata Adam.

Adam Arisoi sendiri memantau coklit di Kota Jayapura bersama Ketua KPUD Jayapura Henock Merahabia, Komisoner KPUD Jayapura Tjipto Wibowo, staff KPU, Panwas, PPS & PPD.

Coklit hari pertama di Kota Jayapura, KPUD Jayapura mendatangi sejumlah tokoh. Tokoh pertama yang didatangi yakni Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) George Awi, Wakil Walikota H. Rustan Saru, Rektor Universitas Cendrawasih Dr. Apollo Safanpo, dan Ketua NU Papua H. Toni Wanggai.

“Tokoh yang didatangi menerima kita dengan baik dan mereka telah terdata sebagai pemilih sesuai dengan TP4,” kata Adam.

Adam mengatakan pemutakhiran data pemilih melalui gerakan pencoklitan dimulai pada tanggal 20 Januari – 18 Februari di seluruh Provinsi Papua.

Ia menghimbau kepada warga agar menerima petugas pencoklitan untuk melakukan penyesuaian data sehingga terjadi pencocokan data.

“Sehingga di saat KPU menetapkan DPS, semua warga di daerah masing – masing sudah tercatat sebagai pemilih yang selanjutkan akan ditetapkan sebagai pemilih tetap dalam rangka pilgub 2018,” kata Adam.

Senada dengan Adam, tokoh – tokoh Papua yang telah didatangi tersebut menghimbau agar warga menerima petugas PPB, PPS dan PPD yang melakukan pemutahiran data.

Bahkan, bagi warga yang belum memiliki e-KTP agar selaku melakukan perekaman e-KTP sehingga terdata dalam pemutakhiran data pemilih yang terbaru. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: