KPU Papua Serahkan Berkas Pilgub Ke Meja DPR Papua

Megapolindonesia.com

PAPUA – Jumat siang (12/1/2017) KPU Papua menyerahkan berkas berkas pasangan calon peserta Pilgub Papua kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) melalui Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Berkas diserahkan oleh Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, kepada Ketua Komisi I, Ruben Magai. Adam Arisoy didampingi oleh anggota KPU Papua, Beatrix Wanane. Penyerahan berkas disaksikan oleh Ketua Bawaslu Papua, Peggy Wattimena, dan sejumlah anggota DPR Papua di Ruang Bamus, Kantor DPRP.

Adam Arisoy mengatakan sesuai dengan jadwal yang disusun oleh KPU Papua, DPRP memiliki waktu 14 hari untuk melakukan verifikasi faktual.

“Mudah – mudahan setelah kita serahkan kepada DPRP, DPRP segera menindak-lanjutinya kepada MRP yang diberikan kewenangan oleh undang – undang untuk melakukan verifikasi faktual terhadap Orang Asli Papua,” harapnya.

Ruben Magai mengatakan, berkas yang diterima oleh DPRP selanjutnya akan diverifikasi oleh Pansus Pilgub DPRP. Untuk Pansus Pilgub DPRP sendiri akan dibentuk pada Jumat malam (12/1) sehingga memerlukan penyesuaian jadwal.

“Pansus Pilgub akan dipimpin oleh Pimpinan Dewan. Malam ini mulai melakukan persiapan sehingga kira – kira Hari Senin sudah melakukan tupoksinya,” terang Ruben Magai.

“Kami akan susun jadwal dari verifikasi administrasi, kalau itu sudah dinyatakan lengkap, baik syarat umum maupun khusus, akan disampaikan lewat media,” imbuhnya.

Setelah berkas dilakukan verifikasi oleh DPRP, selanjutnya akan diserahkan kepada Majelis Rakyat Papua untuk dilakukan pemeriksaan keaslian Orang Papua, sesuai dengan amanat otsus Papua yang tertuang dalam Perdasus Nomor 6 tahun 2011. (YA)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: