KPU Papua Awasi Pemeriksaan Kesehatan Cagub Dan Cawagub Di RSUD Jayapura

Megapolindonesia.com

PAPUA – KPU Papua memantau langsung jalannya pemeriksaan kesehatan paslon Gubernur Papua di RSUD Jayapura. Ketua KPU Papua, Adam Arisoy dan Anggota KPU Papua, Beatrix Wanane Jumat pagi (12/1) mengawasi pemeriksaan kesehatan paslon John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Johsua) di RSUD Jayapura, Jalan Soa Siu Dok Dua, Jayapura.

Sehari sebelumnya (11/1) paslon Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen) telah melakukan pemeriksaan kesehatan.

KPU Papua telah melakukan Mou dengan RSUD Jayapura, Ikatan Dokter Indonesia, dan BNN Papua untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan.

Ada 18 item pemeriksaan kesehatan lengkap yang harus dijalani oleh pasangan calon, diantaranya tes urine, pemeriksaan darah lengkap, THT, mata, gigi dan pemeriksaan bagian dalam.

Plt. Direktur RSUD Jayapura, Drg. Aloysius Giay mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi pemeriksaan, sementara yang bertugas melakukan pemeriksaan adalah tim kesehatan Ikatan Dokter Indonesia.

“Kami disini pelaksana, apa yang diminta oleh KPU dan Ikatan Dokter Indonesia,” jelasnya.

Drg. Aloysius Giay menjamin bahwa pihaknya netral dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan tidak akan memihak salah satu pasangan calon, terlebih lagi dokter yang memeriksa terikat oleh kode etik kedokteran.

Ketua KPU Papua mengatakan, sebenarnya sesuai dengan ketentuan undang – undang, rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan adalah rumah sakit tipe A, namun karena di Papua belum ada RS tipe A, maka pemeriksaan dilakukan di RS tipe B atas persetujuan KPU RI.

“Kebetulan rumah sakit ini dalam petunjuk teknisnya di restui, tipe B dan dokternya sangat lengkap,” papar Adam.(YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: