5 Menit Sebelum Pendaftaran Paslon Ditutup, Petrus Mambay Datangi KPU Papua

Megapolindonesia.com

PAPUA – Lima menit sebelum pendaftaran pilkada serentak ditutup pada pukul 00.00, Petrus Yoram Mambay hadir di KPU Papua didampingi oleh tim suksesnya mendaftar untuk mengikuti pilgub Papua.

Petrus Yoram Mambay datang hanya didampingi oleh sekitar 10 orang timsesnya. Petrus, adalah Bakal Calon Wakil Gubernur Papua yang diusung oleh koalisi Hamba bersama dengan Ones Pahabol, mantan Bupati Yahukimo 2 periode.

Keduanya tercatat pernah mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilgub Papua sebagai pasangan independen pada 11 Desember 2017 di auditorium Uncen.

Meski hadir tanpa didampingi pasangannya, KPU Papua tetap menerima kehadiran Petrus Yoram Mambay dan mempersilahkannya memasuki ruang rapat. Tepat pukul 00.22 dini hari pemberkasan pun dimulai oleh KPU Papua.

Sebelumnya KPU mempertanyakan perihal ketidakhadiran Bakal Calon Gubernur Papua yang diusung oleh koalisi Hamba. Ketua tim koalisi Hamba pun menyebut dua alasan ketidakhadiran bakal cagub mereka karena tertahan oleh kemacetan dan sakit.

Meski sempat terjadi adu argumentasi antara pihak penyelenggara, tim sukses dan bawaslu, namun input data pada aplikasi Silon (Sistem Pencalonan) tetap dilanjutkan. Verifikasi pun terhenti karena jumlah kursi parpol tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh KPU.

Koalisi Hamba mengklaim mendapatkan dukungan dari PKPI yang memiliki 2 kursi di DPR Papua. Syarat minimal yang ditentukan oleh KPU adalah dukungan 15% suara atau 9 kursi.

Tepat pada pukul 01.58 WIT (11/1/2017) Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengembalikan berkas kepada tim sukses dan menyerahkan berita acara penolakan.

“Setelah kita melakukan pengecekan, berkasnya tidak memenuhi syarat, sehingga kita kembalikan kepada pasangan calon beserta tim suksesnya dengan kita memberikan berita acara penolakan karena tidak memenuhi syarat minimal,” kata Adam Arisyo, Ketua KPU Papua.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy usai penutupan pendaftaran pilkada serentak mengatakan total pendaftar untuk maju dalam pilgub papua berjumlah 3 paslon, 2 paslon diterima dan 1 paslon ditolak.

Ketua Pawaslu Papua, Peggy Wattimena, mengatakan keterpenuhan syarat pencalonan dan syarat calon harus terpenuhi dalam verifikasi berkas.

“Pasal 39 ayat 7 partai politik dan atau gabungan partai politik atau pasangan calon harus lengkap. Tadi tidak hadir bakal calong gubernurnya dan parpol pengusungnya,” pungkasnya.(YA)

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Kota Bekasi?

Kami Kabarkan Berita Terbaru Seputar Kota Bekasi Langsung ke Gadget Anda.

Invalid email address
Anda Bisa Berhenti Berlangganan Kapan Saja Tanpa Biaya

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: