Berkas Paslon Lukmen Tak Lengkap, Proses Daftar Sempat Diskors Satu Jam

Megapolindonesia.com

JAYAPURA – Pasangan Petahana, Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen), pada Selasa Siang (9/1/2017) resmi mendaftar di KPU Papua, Jalan Soa Siu Dok Dua Jayapura.

Berkas pendaftaran diserahkan oleh Ketua Tim Koalisi 9 Parpol Pengusung, Mathius Awoitauw kepada Ketua KPU Papua, Adam Arisoy. Selanjutnya, berkas tersebut pun langsung diserahkan kepada tim verifikasi yang diketuai oleh salah seorang komisioner KPU Papua, Beatrix Wanane.

Disaksikan paslon Gubernur Papua, Tim Sukses, Parpol Pengusung, Anggota KPU Papua dan Bawaslu, tim verifikasi langsung bekerja secara online menginput data paslon di Aplikasi Silon (Sistem Pencalonan) KPU Papua.

Verifikasi pun sempat terhenti dan diskors oleh Ketua KPU Papua, Adam Arisoy selama lebih kurang satu jam lamanya. Skorsing ini dikarena sejumlah berkas tidak lengkap.

Pihak penyelenggara pilkada selanjutnya memberikan waktu kepada timses untuk melengkapi sejumlah berkas yang kurang, diantaranya soft copy foto paslon ukuran 4 X 6, tandatangan formulir B3KWK dan SK 9 Parpol pengusung.

Setelah berkas – berkas tersebut dilengkapi, proses pendaftaran pun dinyatakan rampung, dan KPU memberikan rekomendasi untuk tahap selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan.

“Dan kita lanjut dengan proses syarat pencalonan dan syarat calon. Ternyata semua memenuhi syarat sehingga kita rekomendasikan dan kita kasih bukti tanda terimanya bahwa calon memenuhi syarat,” kata Adam Arisoy.

Calon Gubernur Papua yang juga petahana, usai mendaftar di KPU mengatakan pihaknya siap untuk melanjutkan tahap selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan.

“Berkas dinyatakan lengkap oleh tim KPU, Panwas dan tim verifikasi. Hasilnya dokumen tersebut memenuhi syarat dan dilanjutkan tahap berikutnya yakni pemeriksaan kesehatan,” kata Lukas Enembe.
Pemeriksaan kesehatan Pasangan Lukmen dijadwalkan besok, Rabu (10/1) bertempat di RSUD Dok Dua Jayapura. (YA)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: