Pilkada

Hari Pertama, KPU Bekasi Masih Nihil Pendaftar Calon Pilkada

Megapolindonesia.com

BEKASI – Hingga meja pendaftaran ditutup pada pukul 16.00 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi hingga siang ini belum menerima satupun bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali kota yang melakukan pendaftaran, Senin (8/1/2017).

“Hingga siang ini belum ada penghubung Parpol (Partai Politik) yang berkomunikasi dengan kami untuk melakukan pendaftaran,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi di kantornya.

Ucu mengatakan, pada Minggu (7/1/2017) malam, KPU Kota Bekasi sudah melakukan simulasi bersama dengan Parpol yang mempunyai kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi.

“Yang kami sampaikan kepada parpol harus mempunyai penghubung untuk komunikasi ketika mendaftar, sehingga kami dapat mempersiapkan kebutuhannya,” ujar dia.

Meski demikian, kata Ucu, KPU Kota Bekasi akan terus menunggu kedatangan Parpol membawa Bapaslon hingga 16.00 WIB.

“Pada hari pertama dan kedua kami membuka pendaftaran pukul 08.00-16.00 WIB , sementara pada hari terakhir atau tanggal 10 Januari, kami mulai pukul 08.00-24.00 WIB,” jelas dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi juga menghimbau kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) melakukan pendaftaran di hari awal pembukaan untuk meminimalisir kesalahan data pendaftaran

“Soalnya, jika di hari terakhir dikhawatirkan akan ada kesalahan syarat pendaftaran, apalagi kalau sampai malam hari. Kalau di awal pembukaan, jika ada kesalahan masih bisa di perbaiki pada kesempatan hari kedua dan ketiga,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

Sehingga, jika Parpol sudah melakukan pendaftaran dan memenuhi syarat. KPU Kota Bekasi bisa langsung mem-forward setiap Bapaslon ke KPU RI.

“Pada tanggal 12 Januari kita akan melakukan tes kesehatan dan 13 Januari dilanjutkan dengan tes psikologis Bapaslon yang telah diusulkan masing-masing Parpol,” ujar dia.

Disamping itu, jika hanya satu Bapaslon yang melakukan pendaftaran. KPU Kota Bekasi akan memperpanjang waktu pendafataran.

“Tidak ada masalah jika hany ada satu Bapaslon saja, kami akan perpanjang waktu pendaftaran sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3, tetapi kami harapkan Parpol dapat mendaftarkan Bapaslonnya di hari awal,” tandasnya. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s