Pilgub Papua, John Wempi – Habel Melkias Siap Lawan Petahana


Megapolindonesia.com

PAPUA – Bursa Pemilihan Gubernur Papua dipastikan ada 2 pasangan yang akan maju. Pasangan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae, diusung oleh oleh koalisi 4 parpol yakni PDIP, Gerindra, Partai Bulan Bintang dan Perindo.

Kepastian majunya JWW – HMS sebagai paslon, didapatkan setelah sehari sebelumnya, pada 4 Desember 2018, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, pada injuri time resmi mengumumkan PDIP mengusung pasangan Cagub dan Cawagub Papua atas nama JWW – HMS.

Majunya JWW – HMS dalam bursa pilgub Papua, sekaligus menganulir adanya prediksi Petahana (Lukas Enembe – Klemen Tinal) melawan kotak kosong.

“Pembelajaran politik demokratis yang baik kita ajar untuk masyarakat di atas tanah ini. Kita tidak bisa melawan kotak kosong karena kita orang – orang yang terdidik,” kata John Wempi Wetipo pada konferensi pers yang digelar di Hotel Horex Sentani, (6/1/2017).

Calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo yang juga Bupati Jayawijaya itu mengatakan bahwa dirinya siap untuk bertarung melawan pasangan petahana dalam Pilgub Papua. Pasangan JWW – HMS sendiri mengklaim didukung oleh 4 partai politik dengan 13 kursi. Sementara pasangan Petahana, LE – KT, mengklaim didukung oleh 10 parpol.

Terkait dengan adanya kekuatiran bahwa Pilkada Papua rawan konflik, JWW menyatakan bahwa pihaknya siap menang dan siap kalah.

“Saya ajak untuk menciptakan pilkada damai di Papua. Papua itu milik kita bersama tanpa membedakan Suku, Ras dan Agama. Mari kita proses politik dengan baik, supaya apa yang kita harapkan terjadi di tanah ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, John Wempi Wetipo juga mengatakan alasan dirinya memilih Habel Melkias Suwae, mantan Bupati Jayapura 2 periode (2001 – 2011). Menurutnya figure HMS adalah sosok yang tepat karena merepresentasikan “Orang Pesisir” sementara dirinya merepresentasikan “Orang Gunung”. Selain itu, menurutnya sosok HMS dikenal sebagai figur yang bersih.

“Saya menggandeng Habel dari pesisir, dan saya mewakili gunung, supaya kita membangun Papua dengan baik. Habel sosok pemimpin yang teruji, selama 10 tahun memimpin Kabupaten Jayapura dan sampai hari ini tidak ada kasus. Kita mencari orang – orang yang bersih dan cerdas,” kata John Wempi Wetipo.

Pasangan JWW – HMS mengusung slogan “Papua Cerdas” selanjutnya akan melakukan Deklarasi Dukungan pada Senin (8/1/2018) di Stadion Pendidikan, Wamena.

Ketua Tim Relawan JWW – HMS, Antonius Wetipo, yang mendampingi JWW dalam konferensi pers tersebut, mengatakan bahwa deklarasi di Wamena ditangani oleh relawan, yakni Relawan Koteka. Dikatakan oleh Anton, saat deklarasi dilakukan di Wamena, tim relawan yang lain serentak akan melakukan pemasangan baliho dan membagikan selebaran di 28 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Papua.

“Relawan siap untuk memenangkan JWW – HMS dengan cara – cara yang bermartabat,” pungkasnya. (YA)

Beri Komentar

%d bloggers like this: