Stok Daging Sapi Dipastikan Aman Jelang Natal Dan Tahun Baru

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan dan harga daging sapi pada hari besar Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Pasalnya, ketersediaan (stock) daging sapi pada hari besar tersebut aman.

Ketua Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI), Suharjito, memastikan stok daging untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru tidak sebesar saat Lebaran. Sehingga, stabilitas harga daging akan tetap terjaga.

“Saya pastikan stok lebih dari cukup,” kata Suharjito saat ditemui wartawan, Jumat (15/12/2017).

Ia mengemukakan, ketersediaan daging sapi untuk Desember 2017 sekitar 70.000 ton. Sementara itu, konsumsi masyarakat diperkirakan hanya sekitar 20.000 ton sehingga terdapat surplus sekitar 50.000 ton.

“Paling banter untuk Natal dan Tahun Baru, kenaikan permintaan 15 persen atau maksimal 20 ribu ton untuk bulan ini. Sementara stock kita 70 ribu ton. Lebih dari cukup kan,” jelasnya.

Untuk diketahui, harga daging sapi tak bergerak naik karena pedagang memastikan kondisi pasokan di pasar saat ini mencukupi. Sesuai hukum ekonomi, bila pasokan satu barang terjamin maka harga tak akan melonjak.

Saat ini harga daging sapi di pasar berkisar Rp 90 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram (kg). Harga daging bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya.(DVD)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: