Gali Potensi Prestasi Daerah, 70 Pelatih Basket Kota Bekasi Dapat Pelatihan Kemenpora

Megapolindonesia.com

BEKASI – Sebanyak 70 pelatih Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Kota Bekasi mendapatkan penataran pelatihan lisensi B yang diselenggarakan oleh Perbasi Jawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Hall Basket Kompleks Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu, (13/12/2017).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, Teddy Hafni mengemukakan bahwa penataran pelatih basket di Kota Bekasi patut diapresiasi oleh stakeholder olahraga Kota Bekasi atas nama Pemkot Bekasi.

“Tentunya ini bisa menjadi modal kebangkitan olahraga basket di Kota Bekasi, ini baru awal, tujuannya jelas jika pelatih sudah memiliki keampuan lebih pastinya atlet-atlet juga merasakan efek positif untuk pengembangan atlet,” ujar Tedi Hafni.

Tujuan akhir dari penataran 70 pelatih basket ini, kata Tedi Hafni adalah memberikan motivasi dan semangat untuk mengembangkan prestasi basket Kota Bekasi nantinya, apalagi ke depan banyak pentas olahraga yang akan diadakan, seprti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Semoga banyak ilmu yang di dapat, peserta dapat menyerap ilmu, mudah-mudahan dapat meningkatkan kepelatihan di cabang olahraga basket di Kota Bekasi,”tambah Tedi.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Marheni Dyah Kusumawati menjabarkan bahwa tanggungjawab mengembangkan prestasi daerah merupakan tugas utama pemerintah dimana pemerintah bertanggungjawab memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengembangkan prestasi atlet dan pelatih.

“Penataran kepelatihan di Kota dan Kabupaten menjadi tugas kami, dimana kami melakukan pemantauan dan observasi kemampuan atlet dan pelatih di daerah, Pemerintah pusat juga telah melakukan penataan infrastruktur, intinya Kemenpora membuat titik berangkat yakni melakukan pembangunan sumber daya dalam hal ini di bidang keolahragaan,”jelasnya.

Marheni Dyah juga menyebutkan, pada tahun 2018 mendatang, Kemenpora akan menargetkan untuk memiliki 100.000an pelatih yang ditempatkan di berbagai cabang olahraga.

“Saat ini banyak pelatih yang belum memiliki lisensi, dan akhirnya muncul ide dan program pemgembangan prestasi atlet, saya harap 2018 Perbasi terus meningkatkan dan Kemenpora akan fokus mendukung, kita coba untuk memprioritaskan cabor-cabor di daerah masing-masing, jadi nanti bibit-bibit atlet akan kelihatan nantinya,

“Saat ini menurut database yang terkumpul di Kemenpora, ada sekitar 50 induk organisasi olahraga yang memiloiki potensi prestasi, namun kendala kami adalah minim data induk organisasi, mulai dari perangkat pertandingan dan atlet, Kemenpora berharap hal itu segera dibenahi agar bisa memantau data atlet untuk memudahkan Kemenpora melakukan pemantauan dan memudahkan untuk memberikan bantuan,”tutupnya.

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: