Advertorial

Per Oktober 2017, Pengguna Jamkesda Kota Bekasi Capai 44.167 Pasien

Megapolindonesia.com

BEKASI – Dalam memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh warga kota Bekasi, diwujudkan dalam program Kartu Sehat Berbasis Nomor Induk Kependudukan atau KS-NIK yang dibiayai oleh anggaran Jaminan Kesehatan Daerah.

Kartu Sehat Berbasis KK dan NIK Kota Bekasi yang selanjutnya disingkat KS adalah bukti kepesertaan bagi masyarakat yang sudah terdaftar dalam database yang ditetapkan dengan Keputusan Wali Kota. Selain itu, jika belum mendapatkan KS NIK masyarakat tidak mampu juga bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai jaminan untuk berobat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto menyatakan bahwa program jaminan kesehatan daerah yang dibiayai oleh APBD tersebut menelan angka 76 Miliar di tahun anggaran 2017.

Kusnanto menyebut bahwa peserta Jamkesda adalah masyarakat hasil verifikasi dan validasi berdasarkan Basis Data Terpadu Kementerian Sosial Republik Indonesia serta masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan pembiayaan di bidang kesehatan yang terdaftar dalam data base kependudukan.

“Adapun sasaran awal dari program ini adalah masyarakat hasil verifikasi dan validasi berbasis Basis Data Terpadu Kementerian Sosial Republik Indonesia serta masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan pembiayaan di bidang kesehatan yang terdaftar dalam data base kependudukan Pemerintah Kota Bekasi, Warga Binaan Pemasyarakatan, Warga Terlantar, Warga Panti, Tahanan Titipan Kepolisian dan Kejaksaan yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Bekasi,” ujar Kusnanto, Selasa, (5/12/2017).

Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga mengungkapkan bahwa Program KS-NIK adalah program pemerintah kota Bekasi dalam menjamin pelayanan kesehatan untuk warga kota Bekasi sesuai dengan dasar hukum yang jelas, tegas, kuat dan terencana.

“Program KS-NIK adalah bentuk perwujudan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kota Bekasi yang terus diperbaiki tahun demi tahun sejak tahun 2008,” kata Kusnanto.

Adapun data penggunaan Jaminan Kesehatan Daerah yang tercatat di DAtabase Dinas KEsehatan Kota Bekasi sebagai berikut per bulan Januari sampai Oktober tahun 2017 ;

PAsien Pengguna Kartu Sehat Berbasis NIK:

Rawat Jalan: 27.997 Pasien
Rawat Inap: 3.633 Pasien

Pasien Pengguna SKTM

Rawat Jalan: 5.746 Pasien
Rawat Inap: 3.536 Pasien

Jika diakumulasikan jumlah total layanan pasien pengguna Jamkesda sebanyak 44.166 Pasien.(ADV)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s