Daerah

Warga Buano Utara Desak Aparat Usut Tuntas Penyelewengan Dana Desa

Megapolindonesia.com

SERAM BARAT – Warga Desa Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang kabupaten Seram Bagian Barat, mendesak Institusi penegak hukum untuk memproses secara hukum, Kades Desa Buano Utara karena diduga telah menyelewengkan penggunaan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) selama tiga tahun anggaran berturut-turut yakni anggaran tahun 2015, 2016, dan 2017.

“Kami memohon kepada pemkab SBB dalam hal ini Bupati Seram Bagian Barat, Kapolres Seram bagian Barat, Koramil Seram Bagian Bagian Barat, Kejari Seram Bagian Barat dan Ketua DPRD Seram Bagian Barat agar dapat memproses masalah ini dan bila masih ada rasa keragu-raguan maka kami berharap bisa turun lansung ke lapangan untuk meninjau lansung bagaimana kondisi yang terjadi dilapangan.” harap beberapa masyarakat yang mewakili lima soa di desa Buano Utara, H. M. Saleh Tamalene, Mahmit Nurlette, Dulhalim Hitimala, Abubakar Tuhuteru dan Man Titalouw.

Menurutnya bahwa penyimpangan-penyimpangan itu antara lain tidak adanya musyawarah desa dari tahun 2015 sampai tahun 2017, Tim pengelolaan keuangan (TPK) tidak dibentuk, staf pemerintah desa belum lengkap dan tidak difungsikan sesuai struktur, perencanaan pembangunan tidak melibatkan masyarakat.

“Yang lebih membuat masyarakat heran lagi bahwa pentahapan administrasi dalam rangka pencairan angaran tiga tahun berturut-turut tanpa ada tanda tangan dari pihak masyarakat. Bahkan pencairan anggaran di tahun 2015, anggaran dicairkan dalam keadaan legalitas atau SK BPD Buano Utara telah berakhir. Anggota BPD juga tidak tahu soal itu, sehingga kami menduga ada spekulasi administrasi guna memuluskan proses pencairan angaran miliaran rupiah oleh kepala desa Buano Utara, Abdullah Kalam Hitimala.” ungkap mantan Kades Buano Utara itu.

Akumulasi dari buruknya kinerja dan pengelolaan dana desa oleh kepala Desa Buano Utara tersebut dimuat dalam laporan dengan nomor 01/XI/2017 tertanggal 04 November 2017 yang ditujukan kepada Bupati Seram Bagian Barat, Kapolres Seram bagian Barat, Koramil Seram Bagian Bagian Barat & Kejari Seram Bagian Barat.

Laporan tersebut ditanda tangani mewakili lima soa desa Buano Utara, H. M. Saleh Tamalene, Mahmit Nurlette, Dulhalim Hitimala, Abubakar Tuhuteru dan Man Titalouw. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s