Feature

Hari Pahlawan, GMBI Bicara Soal Sikap Positif Jaga Keutuhan Bangsa

Megapolindonesia.com

BEKASI – Banyak cara untuk memaknai Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, salah satunya dengan menggelar Upacara Bendera sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berkunjung ke makam para pahlawan dan mengirimkan doa serta penghormatan, merupakan beberapa cara lainnya untuk memaknai dan memperingati Hari Pahlawan.

Dari sejumlah sikap tersebut, alangkah baiknya jika makna Hari Pahlawan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara melakukan hal positif guna mengisi kemerdekaan bangsa yang kini telah dirasakan oleh rakyat Indonesia.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Ketua Investigasi Distrik GMBI Kota Bekasi, Delvin Chaniago.

Menurutnya, memaknai Hari Pahlawan Nasional jangan hanya sekedar menggelar upacara bendera dan berkunjung ke makam para pahlawan. Tetapi juga menerapkan sikap positif untuk mengisi kemerdekaan bangsa.

“Memaknai Hari Pahlawan jangan hanya sekedar ceremonial. Tapi kita juga harus bisa menerapkan sikap-sikap dan hal-hal positif untuk mengisi kemerdekaan bangsa yang kini telah kita nikmati,” ujarnya.

Delvin menjelaskan, tanpa adanya perjuangan para pahlawan bangsa, belum tentu rakyat Indonesia bisa merasakan kemerdekaan dan perkembangan bangsa seperti yang dirasakan oleh generasi muda saat ini.

Dimana kata dia, para pahlawan dulu telah berjuang menumpahkan darah demi merebut dan mempertahankan tanah air Indonesia dari para penjajah yang ingin menguasai bangsa Indonesia yang penuh dengan kekayaan alamnya.

“Dulu, mereka begitu menderita demi kemerdekaan bangsa, dan kita yang kini telah menikmati hasilnya, jangan hanya sebatas memperingati saja, tetapi harus diterapkan dengan sikap positif untuk mengisi kemerdekaan bangsa yang sekarang sudah kita nikmati,” bebernya.

Menurutnya, melalui momentun Hari Pahlawan, seharusnya hal tersebut bisa menjadi semangat bagi generasi muda untuk bisa lebih melakukan hal positif guna mengisi kemerdekaan bangsa.

Dengan bersikap dan melakukan aktifitas nasionalis, seperti turut serta dalam memerangi korupsi, memerangi narkoba, dan memperkuat lini persatuan bangsa dengan tidak melakukan hal-hal yang bersifat provokasi yang bisa menimbulkan perpecahan bangsa.

Hal tersebut termasuk dalam sikap positif yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa demi kemajuan dan persatuan bangsa Indonesia yang lebih baik.

“Intinya, generasi muda saat ini harus bisa bersikap positif demi kemajuan bangsa. Jaga keutuhan bangsa, tingkatkan persatuan, bahu membahu memberantas korupsi dan hal-hal yang bisa memecah belah bangsa. Dan mempertahankan nilai Pancasila serta menerapkan sikap Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya.(MG/Adv)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s