Editorial

Relawan Projo Minta Pemuda Lebih Memaknai Arti Hari Pahlawan

Megapolindonesia.com

BEKASI – Memaknai Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, banyak cara yang dilakukan oleh sejumlah kelompok masyarakat untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan Indonesia yang telah berhasil memerdekakan bangsa Indonesia.

Menurut Ketua DPC Pro Jokowi (Projo) Kota Bekasi, Taufik Hidayat mengatakan, hadirnya Projo di Kota Bekasi sebagai salah satu kelompok yang ingin mengedapkan peran sebagai organisasi yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Hadirnya Projo ditengah masyarakat ialah sebagai perpanjangan tangan Presiden Jokowi agar masyarakat bisa merasakan arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Ialah negara yang sudah lebih maju dengan fasilitas infrastruktur yang mulai merata dan majunya perekonomian bangsa,” ujarnya, Jumat (10/11/2017).

Selain itu kata Topik, dengan momentum Hari Pahlawan ini, Projo bisa turut memberikan pemahaman terhadap generasi muda akan makna perjuangan dan sikap pahlawan yang bisa diterapkan dalam diri seseorang.

Menurutnya, generasi muda tidak harus berperang angkat senjata untuk bisa memerdekakan bangsa Indonesia, tetapi bagaimana mereka bisa menjaga ideologi bangsa khususnya Pancasila sebagai perekat bangsa dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan.

“Karna masih banyak anak-anak muda yang belum bisa benar-benar paham makna dari Pancasila itu sendiri. Bahkan sekarang, banyak dari mereka yang berteriak sebagai seorang Pancasilais padahal belum tentu mereka paham dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” bebernya.

Disisi lain, Wakil Ketua I Bidang Politik, DPC Projo Kota Bekasi, Farid Hardifan mengatakan, momentum Hari Pahlawan bukan hanya sebatas mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan. Tetapi sudah sejauh apa generasi muda saat ini mengkaji apa yang sudah mereka lakukan untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini.

“Harusnya momentum Hari Pahlawan bisa dijadikan sebagai api semangat perjuangan generasi muda untuk bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif yang sifatnya membangun bangsa,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Untuk itu kata Farid, menjadi suatu tantangan tersendiri bagi generasi muda saat ini untuk bisa menerapkan sikap nasionalis guna kemajuan bangsa Indonesia dan lebih sadar akan peran generasi muda terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

“Mereka, generasi muda harus bisa menerapkan sikap nasionalis dan mengisi kemerdekaan bangsa saat ini dengan kemampuan yang mereka miliki demi kemajuan negara yang lebih baik. Jangan sampai mereka hanya bisa memperingati Hari Pahlawan tetapi tidak paham akan makna dari Hari Pahlawan itu sendiri,” pungkasnya.(MG)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s