Perkotaan

Agus Yudhoyono Apresiasi Rekor MURI IPSI Kota Bekasi

Megapolindonesia.com

BEKASI – Suatu pencapaian yang luar biasa bagi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bekasi yang telah berhasil meraih Rekor Muri Dunia 2017 dalam ajang Jurus Golok Tunggal Prestasi IPSI oleh 3000 pendekar silat.

Ajang yang digelar di Stadion Chandrabaga, Kota Bekasi pada 29 Oktober 2017 lalu hingga meraih Rekor Muri, bukan pencapaian yang mudah bagi IPSI Kota Bekasi.

Ketua IPSI Kota Bekasi, Rahmadsyah mengatakan, dalam kesempatan waktu itu, hadir Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) ditengah-tengah aksi penampilan Jurus Golok Tunggal Prestasi IPSI untuk memberikan support dan apresiasi kepada IPSI Kota Bekasi.

“Kita juga tidak menyangka ya ajang kemarin dihadiri langsung oleh AHY untuk memberi support dan apresiasi terhadap acara IPSI Kota Bekasi,” ujarnya berbagi kisah, Rabu (8/11/2017).

Ajang yang melibatkan 3000 ribu peserta dari sekitar 41 perguruan Pencak Silat yang ada di Kota Bekasi pun bukan tanpa kendala dan hambatan. Banyak dari sejumlah perguruan yang ternyata tidak turut menyemarakkan ajang tersebut lantaran belum menguasai Jurus Golok Tunggal Prestasi IPSI.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat Rahmadsyah untuk menggelar ajang yang menjadi ajang pertama kali IPSI Kota Bekasi dan menjadi ajang bergengsi yang pernah ada di Indonesia bahkan dunia tersebut.

“Sebenarnya ada sekitar 105  perguruan/sanggar pencak silat yang digali oleh beliau di Kota Bekasi,  tapi hanya 40 perguruan yang benar benar aktif dan terlibat pada kegiatan pencak silat olah raga prestasi IPSI Kota Bekasi. Dan Alhamdulillah kita bisa menghadirkan 3000 peserta,” bebernya.

Hal itu sudah menunjukkan peningkatan tajam keberhasilan​ pemassalan penguasaan Jurus Baku Tunggal IPSI yang juga di pertandingkan pada Babak Kualifikasi PORDA XIII JAWA BARAT di Kabupaten Bogor tahun 2018.

Maka dari itu, hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai suatu keberhasil untuk memupuk kecintaan atas jurus tersebut kepada  perguruan di Kota Bekasi yang selama ini hanya dikuasai sekitar 6 perguruan saja.

Selain itu, terselenggaranya ajang yang memakan waktu persiapan selama sekitar tiga bulan pun dilalui pula dengan jadwal latihan ditiap moment car free day (CFD) Kota Bekasi.

Acara tersebut pun kata Rahmad, terbantu dan dihadiri oleh  Koni Kota Bekasi, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, Dinas Pariwisata & Budaya Kota Bekasi dan terutama Walikota Bekasi serta Pimpinan Perguruan Pencak Silat Daya Pusaka Karuhun (DPK), Sardy Alisahbana yang juga merangkap sebagai ketua panitia dan Nayaga Gendang Pencak dalam pemecahan rekor muri tersebut dan semua guru besar serta para pesilat yang mensukseskan acara tersebut di Kota Bekasi.

Selain dihadiri jajaran pemerintah Kota Bekasi yang terkait, dihadiri pula sejumlah undangan lainnya dari beberapa anggota DPRD Kota Bekasi, Perwakilan Kemenpora, Deputi Basarnas, Koni Kab Bekasi, Kodim 0507, Polres metro Bekasi, Ormas dan tokoh masyarakat lainnya.

“Alhamdulillah berkat dukungan sejumlah pihak, ajang yang kami gelar bisa menghasilkan hal yang bermakna kedepan untuk pencak silat Kota Bekasi di mata daerah, nasional dan internasional. Dan semoga, dengan adanya ajang tersebut, saya berharap akan ada bibit-bibit baru di IPSI Kota Bekasi yang bisa menguasai jurus golok tunggal prestasi IPSI,” pungkasnya.(MG)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s