Perkotaan

Musim Hujan, Harga Bawang Dan Cabai Mulai Naik

Megapolindonesia.com

BEKASI – Memasuki musim penghujan, sejumlah harga sayur mayur mulai merangkak naik meski belum ada kenaikan harga yang signifikan. Salah satunya Cabai dan Bawang.

Cabai, khususnya cabai merah keriting yang menjadi salah satu kebutuhan warga masyarakat sebagai bumbu masakan utama, tengah mulai mengalami kenaikan harga terhitung mulai dari awal bulan November 2017.

“Untuk harga cabai merah keriting sudah Rp 30 ribu perkilo. Sebelumnya masih Rp 25 ribu. Sudah musim hujan sih ya, jadi kalau cabai merah keriting itu tidak bisa bertahan lama kalau basah. Dia bisa busuk,” ujar salah satu pedagang di Pasar Babelan, Kabupaten Bekasi, Shidiq, Rabu (8/11/2017).

Meski harga cabai merah keriting tengah mengalami kenaikan harga lantaran musim penghujan, tetapi sejumlah jenis cabai lainnya tidak mengalami kenaikan harga, bahkan ada yang mengalami penurunan harga.

Seperi harga cabai rawit hijau yang masih stabil dengan harga Rp 25 ribu perkilo. Dan cabai rawit merah yang sangat mengalami penurunan harga hingga 50 persen, ialah seharga Rp 25 ribu perkilo dari harga sebelumnya Rp 60 ribu perkilo.

“Kalau cabai rawit merah tengah turun drastis sejak satu bulan yang lalu. Karna mungkin stok cabai rawit merah tengah melimpah,” tambah Shidiq.

Selain cabai, harga Bawang Merah juga mengalami kenaikan lantaran musim hujan. Meksi begitu, stok bawang merah juga terbilang masih aman dan masih bisa memenuhi kebutuhan pasar.

“Untuk harga Bawang merah juga naik, sekarang jadi Rp 30 ribu, sebelumnya Rp 20 ribu. Kenaikan harga sejak awal bulan November juga,” pungkas Shidiq.

Diperkirakan, harga cabai khususnya cabai merah keriting dan bawang merah akan terus mengalami kenaikan secara bertahap selama musim penghujan berlangsung.

Namun hingga kini, stok cabai dan bawang sendiri masih melimpah dan belum ada pengurangan stok dipasar induk untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional.(MG)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s