Buang Limbah Ke Sungai, Dua Pabrik Disegel Pemkot Bekasi

Megapolindonesia.com

BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi memutuskan untuk menyegel dan menghentikan operasional dua buah pabrik yang berada di hulu Kali Bekasi, tepatnya di wilayah kecamatan Bantargebang.

Dua pabrik yang diketahui milik PT Prima Kremasindo dan PT Prima Baja Utama disegel oleh Pemerintah Kota Bekasi akibat dugaan pembuangan limbah dan Batubara ke Kali Bekasi sehingga menimbulkan pencemaran air baku.

“Ini kita segel, enggak boleh beroperasi sampai kewajibannya dipenuhi. Mereka (pabrik) ini banyak pelanggarannya,” geram pria yang akrab disapa Bang Pepen, pada Rabu, (4/10/2017).

Selain itu, saat inspeksi mendadak berlangsung, Dinas Lingkungan Hidup juga menemukan beberapa pelanggaran lain yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut yang berhubungan dengan lingkungan.

“PT Prima Kremasindo ini terbukti melanggar Garis Sempadan Sungai (GSS), tidak memiliki dokumen lingkungan dan tidak memiliki izin untuk limbah Bahan berbahaya dan beracun, juga tidak punya Surat Izin Pembuangan Limbah Cair serta izin pengambilan air tanah,”

“Kedua, PT. Prima Baja Utama tidak mengoperasikan IPAL-nya (Instalasi Pengolahan Air Limbah), SIPLC ada tapi belum dievaluasi, dan tingkat keasaman dari limbahnya melebihi baku mutu, jadi kita segel,” ujar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantina. (*)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: