Perkotaan

Hari Anak Nasional, KPAID Bekasi: Perlindungan Anak Harus Jadi Perhatian Pemerintah Daerah

Megapolindonesia.com

BEKASI – Hari Anak Nasional menjadi momen pembuktian setiap daerah untuk mewujudkan Kota atau Kabupaten yang ramah anak sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 35 tahun 2015 tentang Perlindungan Anak.

Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bekasi menjelaskan pemimpin masa depan bisa lahir dari sebuah kota yang memiliki ciri ramah anak dan concern terhadap perlindungan hak anak.

“Kota Bekasi hari ini sudah bertransformasi jadi kota yang heterogen, bisa dibilang perkembangannya sangatlah pesat, kemajuan tersebut harus dibarengi dengan atmosfir yang ramah untuk anak-anak,”

“Hal inilah nanti yang bisa menjadi indikator keberhasilan sebuah daerah untuk mencetak jiwa pemimpin-pemimpin di masa depan, pemerintah daerah yang baik harus memperhatikan jaminan perlindungan terhadap hak-hak anak,” ujar Sugeng Wijaya, saat menghadiri acara Hari Anak Nasional 2017, di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Minggu, (1/10/2017).

Menurut Sugeng, Kota Bekasi yang dipimpin oleh Wali Kota, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota, Ahmad Syaikhu sendiri telah berhasil untuk memprioritaskan program Kota Layak Anak yang tertuang dalam amanat UU Perlindungan Anak Indonesia, terbukti dengan beberapa kali mendapatkan penghargaan dan prestasi di bidang Perlindungan dan Kota Layak Anak.

“Wali Kota Bekasi bersama instansi vertikal sudah berhasil menjamin perlindungan anak di Kota Bekasi, tinggal bagaimana lintas SKPD meramu kebijakan daerah yang berpihak pada anak-anak agar angka kekerasan terhadap anak bisa ditekan lebih rendah,” tambah Sugeng.

Sugeng juga berpesan agar masyarakat luas bisa menjadi agen perubahan perlindungan anak dimana pun diri mereka tinggal. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat punya peran penting dalam menjaga imej Kota Bekasi yang ramah anak.

“Masyarakat dan KPAID Kota Bekasi bersama Pemerintah dan aparatur penegak hukum harus bersinergi mewujudkan itu semua (Kota Layak Anak), setiap masyarakat bisa menjadi agen perubahan untukkemajuan Perlindungan Anak di Kota Bekasi,” tutupnya. (Yd)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s