Perkotaan

Hingga September, Angka Pelecehan Seksual Anak Di Bekasi Capai 34 Kasus

Megapolindonesia.com

BEKASI – Hingga September 2017, data Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bekasi, Jawa Barat menyebutkan ada 78 kasus yang melibatkan anak di bawah umur dan 34 diantaranya merupakan kasus pelecehan seksual.

Mirisnya lagi, dari peWnelusuran KPAID Kota Bekasi terungkap pelakunya kebanyakan merupakan orang dekat korban, seperti masih ada ikatan keluarga dan tetangga.

“Angka kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur mencapai 34 kasus sampai bulan September 2017,” ungkap Satgas KPAID Kota Bekasi, Sopar Makmur pada Senin, (25/9/2017).

Sopar membeberkan, dari 34 kasus kekerasan seksual lebih dari 50 persen pelaku kekerasan seksual berhasil dijerat hukum, namun seringkali ada kendala ketika menangani persoalan mengenai kasus tersebut.

“Kendala kami seringkali muncul saat alat bukti dan kesaksian dari korban kurang lengkap, sehingga berkas hukum sulit untuk di-P21-kan,” bebernya.

Sopar mengajak, terutama peranan orangtua untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan seksual terhadap anak atau pedofilia ini. Sebab, peran orangtua sangat penting untuk menjaga tumbuh kembang anak.

“Pengawasan orangtua mengenai tempat bermainnya dan memantau dengan siapa saja si anak bermain perlu dilakukan. Termasuk menjalin komunikasi yang baik di keluarga pun bisa mencegah terjadinya kekerasan seksual,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s