Anak-Anak HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Gelar Pagelaran Budaya 

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Ribuan anak Sekolah Minggu Gereja HKBP se-Jakarta menggelar ibadah raya dan pagelaran budaya di Gedung Sopo Marpikir, Jakarta Timur pada Sabtu (16/9/2017). 

Acara diisi dengan sejumlah persembahan seni kolosal yang penuh pukau. Seperti tari, nyanyi dan karnaval pakaian adat serta pementasan uning-uningan budaya Batak. 

Ketua Panitia, Roni Lumbantobing dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dihelat untuk menjalin silaturahmi antara jemaat, khususnya anak-anak sekolah minggu di HKBP Distrik VIII DKI Jakarta. 

“Dengan semangat dan kekompakan, kegiatan ini akan terus kita. Kita ingin adik-adik kita dapat lebih cinta untuk memelihara dan melestarikan budaya Batak,” ucap Roni. 

Sementara itu, Preses HKBP Distik VIII DKI Jakarta, Pendeta Midian KH Sirait, menjelaskan pengenalan budaya pada anak sejak dini dirasa tepat untuk membentengi perkembangan budaya luar.

“Salah satu tugas gereja adalah menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya. Apalagi, gencarnya budaya asing yang tidak seluruhnya sesuai dengan norma etika bangsa Indonesia,” ucap Pendeta Midian dalam pidatonya.

Dengan pengenalan budaya, sambung dia, diharapkan anak-anak Sekolah Minggu HKBP dapat menyerap nilai keberagaman. Sehingga, membuat anak lebih menerima pada setiap perbedaan. 

“Pada dasarnya anak-anak merupakan pendengar dan peniru yang baik. Tentunya dengan pengenalan sejak dini, mereka dengan mudah menerima pendidikan yang disampaikan. Harapan kita, memberikan dasar-dasar karakter kuat kepada anak, sehingga menjadi manusia yang lebih terbuka, demokratis, dan menghargai perbedaan,” harapnya. 

Acara yang baru pertama kali diselenggarakan di Distrik VIII itu, dihadiri seluruh perwakilan anak dari 83 gereja HKBP se-Jakarta. Acara berlangsung meriah dan dihiasi dengan penampilan dari masing-masing perwakilan gereja. (*)

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: