Politik

Survey LKPI: Rita Widyasari Berpeluang Menang Pilgub Kalimantan Timur

Megapolindonesia.com

KALTIM – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Arifin Nur Cahyono mengatakan bahwa LPI dari berbagai sumber di lapangan dan studi dari media analis kemudian disimpulkan sebagai objek Survei yang objektif dalam menyongsong suksesi Gubenur Kalimantan Timur untuk di tanyakan pada Masyarakat Kalimantan Timur yang diwakili oleh Responden dalam Survei Opini Masyarakat Kalimantan Timur.

Arifin menjelaskan, Waktu Pelaksanaan Survei 15 Agustus 2017 sampai dengan 25 Agustus 2017, hasil temuan Survei terkait pengujian para tokoh oleh responden tingkat Popularitas

Arifin menegaskan, bahwa tingginya pilihan masyarakat Kaltim terhadap Rita Widyasari sangat linear ,” Dengan tingginya keterkenalan Rita di masyarakat Kalimantan Timur ( Kaltim ) serta kemampuannya yang sukses membangun Kabupaten Kutai Kartanegara selama ini,” kata Arifin dalam keterangan tertulis, Minggu (10/9/2017).

Dia mengungkapkan apalagi pada Pilkada nanti pemilih wanita akan lebih banyak dari laki laki ny, Rita menjadi satu satu tokoh wanita yang akan maju sebagai bakal calon Gubernur Kaltim tentu saja banyak pemilih perempuan menjadi sebuah keuntungan bagi Rita.

Dia mengungkapkan, temuan survey dalam jawaban responden Tokoh yang paling tinggi tingkat dikenalnya oleh masyarakat Kalimantan Timur yang diwakili responden tokoh yang masuk lima besar memiliki tingkat popularitas adalah Rita Widyasari yang menjabat Bupati Kutai Kartanegara dikenal oleh 86,8% Responden disusul oleh Isran Noor, mantan bupati Kutai Timur dikenal oleh 85,8 % responden , Syaharie Jaang, SH, M.Si (Wali Kota Samarinda) 84,6 %, H.M. Rizal Effendi, SE (Wali Kota Balikpapan) 81,1 %, Dr. H. Sofyan Hasdam, SpS (Wali Kota Bontang) 75,9 %, Drs. H. Yusran Aspar, M.Si (Bupati Penajam Paser Utara) 75,8%, Mahyudin, ST, MM (Bupati Kutai Timur 2003 – 2006) 75,8%, Drs. H. Farid Wadjdy, M.Pd (Mantan wakil Gubernur Kaltim) 61,4%, Drs. H. Makmur,HAPK, MM (Bupati Berau) 60,6%, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si (Rektor Unmul) 54,4%, H.Hadi Mulyadi,M.Si (Anggota DPR RI dari PKS) 38,1%, Ismael Thomas, SH (Bupati Kutai Barat 2006-2011, 2011-2016) 37,4%, Dr.H.Zuhdi Yahya,MP (Ketua KONI Kaltim) 37,1%.

Dalam hasil survey tingkat kemampuan tokoh menurut responden, Hj.Rita Widyasari,S.Sos, MM, Ph.D (Bupati Kutai Kartanegara) dianggap paling mampu dengan 87,2%, selanjutnya ada nama Dr. H. Isran Noor,M.Si dengan 85,2% suara responden, H. Syaharie Jaang, SH, M.Si 84,1%, Mahyudin, ST, MM 81,8%, H.M. Rizal Effendi, SE 81,5%, Dr. H. Sofyan Hasdam, SpS 81,5%, Drs. H. Yusran Aspar, M.Si 75,5%, Drs. H. Makmur,HAPK, MM 74,4%, Drs. H. Farid Wadjdy, M.Pd 65,1%, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si 51,6%, Ismael Thomas, SH 37,9%, H.Hadi Mulyadi,M.Si 37,9%, Dr.H.Zuhdi Yahya,MP 35,3%.

Selain itu, dari 13 tokoh yang diuji dalam survei ketika Responden ditanyakan secara spontan untuk memilih salah satu tokoh yang layak dan paling bisa memimpin Pemprov Kalimantan Timur Jika Hari ini diadakan Pilgub maka jawaban responden sebanyak 29,8 persen pilihan jatuh pada Rita Widyasari Bupati Kutai Kartanegara ,Dan pilihan kedua jatuh pada Syahrie Jaang Walikota Samarinda dipilih sebanyak 12,8 % Dan diurutan ketiga Yusran Aspar yang merupakan Ketua DPD Gerindra dipilih oleh 7,3 % responden ,Dan urutan keempat Rizal Effendi Walikota Balikpapan 7,24 % Dan Isran Noor mantan Bupati Kutai Timur akan dipilih oleh sebanyak 7,2 persen Responden

Sementara tokoh lainnya seperti Farid Wadjdy 5,9 % Kemudian ,Makmur Mantan Bupati Berau 4,92 % ,sedangkan Mahyudin yang saat ini menjabat Wakil Ketua MPR RI hanya dipilih oleh 3,94 % lalu mantan Walikota Hasdam 3,6% Kemudian Masjaya Rektor UNMUL 3,46 % Dan Hadi Mulyadi Politisi PKS Dan Anggota DPR RI 3,0 % , Kemudian Ismail Thomas 2,8 persen ,Zuhdi Yahya 1,24 persen dan yang tidak menjawab 6,8%

Di survey ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Popularitas Rita Wudyasari punya hubungan yang kuat Dengan Tingkat Elektabilitas dimilikinya di mata masyarakat Kalimantan Timur.

Namun, ketika responden ditanyakan secara Tertutup melalui kuisioner untuk memilih salah satu tokoh yang layak dan paling bisa memimpin Pemprov Kalimantan Timur Jika Hari ini diadakan Pilgub maka jawaban responden sebanyak 32,79% pilihan jatuh pada Rita Widyasari Bupati Kutai Kartanegara ,Dan pilihan kedua jatuh pada Syahrie Jaang Walikota Samarinda dipilih sebanyak 13,56% Dan diurutan ketiga Yusran Aspar yang merupakan Ketua DPD Gerindra dipilih oleh 7,45% responden ,Dan urutan keempat Isran Noor 6,97%, Kelima Farid Wadjdy 6,54%. Selanjutnya Rizal Effendi 5,46%, Mahyudin 3,73%, Makmur 3,40%, Sofyan Hasdam 3,08%, Masjaya 2,92% Ismael Thomas 2,75%, Hadi Mulyadi 2,48%, Zuhdi Yahya 1,35% dan yang belum memilih 7,52%. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s