Hukum

Maruarar Sirait Bantah PDI Perjuangan Ingin Bekukan KPK

Megapolindonesia.com

BEKSI – Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) PDIP Maruarar Sirait mengaku tidak setuju jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibekukan. Sebab, kata dia, KPK menjadi lembaga paling di percaya masyarakat berdasarkan survei pihaknya.

Hal itu disampaikan Ara, begitu ia disapa, dan sejumlah elit PDIP dalam acara Kirab Kebangsaan di Alun-alun Kota Bekasi, Minggu (10/9/2017).

“Menurut saya, KPK masih sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Namun, pria yang menjabat anggota Komisi XI DPR RI itu enggan menganggapi soal pernyataan koleganya di PDIP, Henry Yoso yang mengatakan, KPK harus dibekukan. Ara hanya memastikan, bahwa dirinya tetap mendukung KPK tetap berjalan.

“Kalau ada individu-individu itu beda dengan institusi. Institusi-institusi seperti KPK, kepolisian, kejaksaan itu adalah pilar hukum di Indonesia. Itu menurut saya harus dibangun dengan sinergi satu sama lain,” katanya.

Setali dengan itu, Sukur Nababan juga membantah jika partainya hendak menutup KPK. Kata dia, partai berlogo Kepala Banteng ini sama sekali tak punya niat membekukan KPK.

“Itu siapa yang ngomong. Gak ada, gak ada omongan di partai untuk bekukan KPK,” ucap Sukur yang juga Ketua DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga itu.

Ia merinci, bahwa sejatinya PDIP hanya ingin membenahi KPK. Sehingga, proses hukum suatu korupsi yang ditangani oleh lembaga anti rasuah tersebut berjalan secara transparan.

“Yah, kalau ada kritikan-kritikan ke KPK itu wajar. Kita ingin lembaga ini menjadi lebih baik dan mendorong transparansi dalam keseluruhan proses hukum pemberantasan korupsi,” jelasnya.

Sebelumnya, Politikus PDIP Henry Yosodiningrat yang juga Anggota Pansus Hak Angket mengusulkan pembekuan KPK. Permintaannya dilandasi temuan-temuan yang sudah didapat pansus angket sejauh ini.

“Rekomendasi dari kita apa misalnya, merevisi (UU KPK). Kalau perlu sementara setop dulu (bekukan) deh misalnya. KPK setop. Ini tidak ak mustahil,” ujar Henry, Jumat (8/9/2017). (Yd)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s