Perkotaan

Pemkab Bekasi Buka Peluang Makam Tokoh Bersejarah Dijadikan Cagar Budaya

Megapolindonesia.com

BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pariwisata ingin mendorong sejumlah tempat dan makam tokoh bersejarah yang ada di Kabupaten Bekasi sebagai destinasi Wisata Sejarah dan Ziarah.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Agus Trihono belum lama ini mengatakan di tahun 2017 ini pihaknya telah mencanangkan program tersebut.

Adapun tempat bersejarah yang akan dijadikan destinasi diantaranya adalah Gedung Juang Tambun, Saung Ranggon, Stasiun Lemah Abang, Tugu Bambu Rucing Warung Bongkok, Masjid Al Mujahidin Cibarusah, Stasiun Kedunggede dan Rumah Tuan Tanah Pebayuran.

“Sementara untuk makam tokoh bersejarah, kita lagi seleksi. Siapa orang-orang yang bisa kita angkat ke permukaan untuk kita jadikan destinasi, kan ada KH. Noer Ali, KH Makmun Nawawi di Cibarusah, dan mungkin ada yang lainnya nanti,” ungkap Agus Trihono, Selasa, (22/8/2017).

Proses pengkajian, baru akan dilakukan di tahun 2018. “Di tahun 2018 akan dilakukan kajian-kajian. Kita pelajari dulu sejarah mereka, historis mereka, kemudian pengaruh mereka terhadap Bekasi dan nasional baru nanti kita buatkan semacam tempat-tempat destinasi nya,” ucapnya.
Sehingga, kata dia, besar kemungkinan program Wisata Sejarah dan Ziarah itu baru akan terelasi di tahun 2019. “Dan ketika itu sudah pantas untuk kita angkat, maka di 2019 kemunginan besar bisa kita masukan program-programnya,” kata dia.

Anggota Komunitas Historia Bekasi (KHB), Ari Sukanti menyambut baik rencana dari Pemkab Bekasi. Hanya saja, yang menjadi persoalan saat ini adalah lokasi tempat dan makam tokoh bersejarah di Kabupaten Bekasi berjauhan dan masih sulit diakses kendaraan umum.

“Karena lokasinya tempatnya jauh-jauh , terpencil dan susah aksesnya dengan kendaraan umum. Itu yang masih menjadi PR (pekerjaan rumah-red) bagi pemerintah saat ini, berbeda dengan Kota Bekasi, kalau di sana memang ada satu daerah yang lokasinya berdekatan semua dan akses kendaraan umum jauh lebih banyak. Saya rasa ini PR yang mesti diselesaikan terlebih dulu” ungkapnya.(*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s