Peristiwa

“Nyolong” Rokok Dan Sabun Mandi, Tiga Maling Spesialis Minimarket Dibekuk Polisi

Megapolindonesia.com

BEKASI – Unit Reskrim Polsek Tambun Jajaran Polres Metro Bekasi, berhasil menangkap 3 dari 4 orang pelaku pencurian di sebuah minimarket di Kabupaten Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Asep Adisaputra mengungkapkan, pencurian barang-barang milik minimarket Alfamart yang beralamat di Tegal Gede Depan Masjid, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, terjadi pada Kamis (10/8/2017) sekira pukul 04.30 WIB dan Indomart yang beralamat di Citarik Lemah Abang, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jum’at (18/8/2017) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

“Kejadian tersebut dilakukan oleh pelaku berinisial FS, PN, dan SS. Sedangkan pelaku lainnya, yakni RS masih dalam pencarian (DPO). Para pelaku ini ditangkap di daerah Tambun,” ungkap Kapolres, saat rilis ungkap kasus di lobby Mapolrestro Bekasi, Selasa (22/08).

Selain itu, barang-barang yang berhasil digasak para pelaku, yaitu berbagai macam merk susu, rokok, minyak wangi, dan perlengkapan mandi.

“Kawanan ini sebelum melakukan aksinya, terlebih dahulu melakukan perencanaan dengan membeli peralatan berupa gunting besi, linggis, tang besi potong, kunci ‘T’ dan menyewa satu unit mobil Toyota Avanza. Setelah menyewa mobil, kemudian pelaku mengganti plat nomor dengan plat nomor palsu. Kemudian, para pelaku mencari sasaran minimarket yang sepi,” ungkapnya.

Kombes Pol Asep mengatakan, para pelaku membagi tugas masing-masing, yaitu ada yang menunggu di dalam mobil (RS), ada yang menunggu di luar toko untuk mengawasi (PN) dan ada yang merusak kunci gembok, lalu mengambil barang yang ada di dalam minimarket (FS dan SS).

“Barang yang berhasil digasak oleh kawanan ini, kemudian dijual di daerah Karawang, dan hasil penjualannya dibagi menjadi 4 masing-masing mendapatkan bagian sebesar Rp3,2 juta setelah dipotong untuk biaya operasional,” katanya.

Dijelaskan Kapolres Metro Bekasi, lokasi pencurian ada 3 titik, yaitu Alfamart Tegal Gede (depan Masjid) Cikarang Selatan, Indomart Lemah Abang Cikarang Timur, dan Indomart Cibatu Kalimalang (samping masjid sebelum jembatan tol Cibatu) Cikarang Selatan.

Menurut Kombes Pol Adi, kejadian pencurian tersebut ada kaitannya dengan pencurian minimarket yang digagalkan beberapa waktu lalu di Kota Bekasi.

Polisi berhasil menyita hasil curian sebagai barang bukti, yakni 1 unit mobil Avanza yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksi, plat No. Pol mobil palsu, 2 buah gunting besi, 3 buah linggis, 1 buah obeng, 2 buah kunci letter ‘T’, 1 buah tang potong, sebo tutup wajah, 1 unit tv LCD, 2 buah speaker aktif, berbagai merk rokok, dan berbagai merk peralatan mandi serta minyak wangi.

“Para pelaku terancam pasal 363 ayat 1 ke-3, ke-4, dan ke-5 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Jo 65 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 (tujuh) tahun penjara,” pungkasnya. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s