Editorial

Menhan Tegaskan Pentingnya Peran Pancasila Dalam Pembentukan Jati Diri Bangsa

Megapolindonesia.com

JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu menegaskan di era globalisasi sekarang ini membuat persaingan antar negara begitu ketat akibat modernisasi baik di bidang sosial, politik maupun teknologi , sehingga perlunya merevitalisasi Pancasila guna pemantapan dan pentingnya jatidiri bangsa.

Menurut Ryamizard, mengambil contoh dari negara Israel, suka ataupun tidak suka negara tersebut ada sesuatu yang harus dipetik yakni kekuatan bela negaranya, sehingga peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan dimulai dengan adanya Budi Utomo dan sumpah pemuda.

“Kita ini ahli waris yang sah dari tanah air tercinta ini, Islam sangat mendukung bela negara karena tidak bertentangan dengan sunah dan unsur bela negara itu kesatuan dan persatuan, kemudian keturunan dan cinta tanah air.” Ujar Ryamizard dihadapan sekitar 7500 mahasiswa baru di kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka pidato dan kuliah kebangsaan, Selasa, (22/8/2017).

Lebih jauh Ryamizard mengatakan, kesadaran membela negara merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar demi menjadikan bangsa Indonesia yang bermartabat terlebih para leluhur kita telah mewariskan ideologi negara yakni Pancasila.

“Kita harus bersyukur sebagai penerus bangsa yang besar ini dan bangga melaksanakan bela negara, karena kalau bukan kita semua siapa lagi,” tegasnya.

Ryamizard juga mengingatkan, bahwa ancaman nyata didepan kita sekarang ini adalah terorisme, radikalisme dan narkoba terlebih serangan terorisme tidak hanya pada serangan fisik, melainkan yang berbahaya adalah propaganda serta serangan ideologi bangsa.

Oleh karenanya, Ryamizard dalam pidatonya menyerukan bahwa kita harus bersyukur karena ideologi Pancasila merupakan satu-satunya ideologi di dunia yang mendapat Rahmat dari Tuhan yang Maha Esa.

“Saya ingin para calon mahasiswa UIN Jakarta bisa menjadi pemimpin yang Arif Dan bijaksana, mampu meningkatkan kompetensi dan kapasitas tinggi dalam mewujudkan bela negara yang kuat,” papar Ryamizard.

Sementara itu, kegiatan pidato san kuliah kebangsaan di kampus 1 UIN syarif Hidayatulah Jakarta tersebut turut pula dihadiri oleh prof.dr Dede Rosyada MA selaku rektor UIN, Kapuskom publik Brigjen totok staf khusus menhan kolonel Soni erot, kemudian Kabag dukmen kolonel laut Yos Sumiarsa, Kapolsek Ciputat Kompol tatang Syarif, kapten informasi Ober purba 06/CPT, serta para wakil rektor dan dekan fakultas UIN Jakarta.(*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s