Advertorial

HUT Kabupaten Bekasi Ke-67 Jadi Momentum Penguatan Sektor Industri

Megapolindonesia.com

BEKASI – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-67 Tahun sesuai dengan salah satu visinya adalah melakukan Penguatan Sektor Perindustrian dengan tugas dan pokok maupun masukan-masukan dari berbagai kalangan maka Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi menetapkan visinya “Terwujudnya Perindustrian yang Produktif, Inovatif dan Berdaya Saing”.

Adapun Visi ini dimaksudkan tidak lain adalah untuk terwujudnya maupun berkembangnya usaha di bidang Perindustrian yang Produktif, Inovatif dan berdaya saing di Kabupaten Bekasi dengan harapan Kabupaten Bekasi menjadi ter-Unggul dan ter-maju di Indonesia” sebagaimana yang di katakan Dra. Dewi Tisnawati, M.Si Selaku Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi

Sementara itu, Misi Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi sendiri ada 4 misi yaitu yang pertama “Meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi,” kedua “Meningkatkan kualitas pelaku usaha terutama untuk industri kecil dan menengah,” ketiga “Meningkatnya kemandirian usaha yang berbasis pada potensi kekhasan lokal,” keempat “Meningkatkan daya saing Produksi terutama untuk produk dengan kekhasan lokal” lanjutnya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi juga memiliki strategi dalam mencapai sasaran dan tujuan dari Visi dan misi tersebut di antaranya adalah melahirkan 2.500 wirausaha baru dan juga memberdayakan industri kecil dan menengah.

Adapun langkah utama yang akan kami tempuh untuk dapat melahirkan 2.500 wirausaha baru di Kabupaten Bekasi ini adalah dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan wirausaha industri kecil Menengah (IKM) .

Kemudian yang kedua menurut Dewi Tisnawati adalah, meningkatkan daya saing di bidang industri baik itu industri kecil menengah dan juga meningkatkan kemandirian usaha yang berbasis pada potensial kekhasan lokal sehingga terwujudlah perindustrian yang Produktif, katanya.

Dikatakannya, untuk menghadapi era pasar bebas se-Asia Tenggara, dunia usaha di tanah air khususnya di Kabupaten Bekasi harus mempersiapkan langkah strategi agar dapat menghadapi Persaingan dengan negara Asean lainnya terkhusus pada perindustrian.

Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi sendiri untuk menghadapi era MEA sudah berupaya sebaik mungkin dan semaksimal mungkin mempersiapkan berbagai strategi salah satunya adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas, kata Dewi.

Untuk mewujudkan pencapaian kinerja dan arah kebijakan dan strategi pada Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi memiliki bidang, di antaranya :

Bidang di Dinas Perindustrian

A. Bidang Industri Kimia Agro (Hasil Hutan) membawahi bidang:

Seksi Industri Kimia dan Tekstil, Seksi Industri Agro Makanan dan Minuman, Seksi Industri Hasil-hasil Hutan dan Hasil Perkebunan.

B. Bidang Industri Logam, Mesin, Elektronik, Telematika dan Aneka Industri Membawahi :

Seksi Industri Logam, Mesin dan Otomotif.Seksi Industri Elektronik dan TelematikaSeksi Industri Almora dan Aneka Industri

C. Bidang Pengawasan Pengendalian, Evaluasi dan Promosi membawahi :

Seksi Pengawasan dan Pengendalian Seksi Evaluasi dan Data Seksi Promosi

Program :

Program Pengembangan Industri Kecil Menengah, Program Peningkatan Kemampuan Teknologi Industri.

Hal tersebut di atas adalah salah satu upaya Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan legalisasi para pelaku Perindustrian untuk mendapatkan penghargaan yang pernah diraih, diantaranya :

Juara 1 Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal 2017 dengan Tema : ”Diversifikasi Produk Olahan Berbahan Baku Umbian” di Bandung.

Juara 2 Stand Terbaik dalam Pameran Batam Investment, Tourism, Trade and Export Comodity Expo (Batam IVEC) dengan tema ”Meningkatkan Mutu Investasi, Parawisata dan Perdagangan Dalam menghadapi Era Globalisasi” di Batam.

Kepala Dinas Prindustrian Kabupaten Bekasi Dra. Dewi Tisnawati, M.Si sangat berharap di Hari Jadi Kabupaten Bekasi yang ke-67 Tahun ini agar Tujuan Dinas Perindustrian dapat melahirkan 2.500 Wirausaha Baru dapat tercapai.(Adv)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s