TNI & POLRI

77 Anggota OPM Ikrarkan Diri Setia Pada NKRI

Megapolindonesia.com

SERUI – Perayaan Hari ulang tahun (HUT) ke 72 di kabupaten Kepulauan Yapen tahun ini sangat istimewa. Sebanyak 77 anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) bersama 300 simpatisan menyatakan Ikrar Kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Turunnya 77 anggota OPM ini juga disertai dengan penyerahan 30 pucuk senjata api.

Dari lapangan diketahui ke 77 orang ini terdiri dari dua kelompok. Yaitu dari kelompok pimpinan Kris Nussy Sineri alias Coromis dan kelompok almarhum Maikel Marani.

Pernyataan ikrar kesetiaan ini berlangsung Kamis (17/8/2017) di kampung Wadapi distrik persiapan Wadimomi kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam upacara penerimaan kemarin Kris Nussi membacakan Ikrar kesetiaan dan menyerahkannya kepada Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar.

Usai membacakan ikrar, Kris tampak menyerahkan secara simbolik sebuah bendera bintang kejora, dan dua pistol organik miliknya kepada Danrem 173/PVP, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Usai menyerahkan senjata secara simbolik, Dandrem beserta muspida kabupaten Kepulauan Yapen tampak memakaian kaos merah putih, ikat kepala merah putih dan bendera merah putih kepada 77 orang OPM tersebut.

Kedua kelompok tersebut terdiri dari 42 anggota kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Timur pimpinan Korinus Sireri alias Kris Nussy yang turun dengan senjata 18 pucuk. 2 pucuk standart jenis pistol Glock 27 buatan Austria dan Revolver, dan 16 pucuk senjata rakitan .

Kelompok kedua terdiri dari 35 anggota kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Utara pimpinan Alm. Mikel Marani dengan 12 pucuk senjata rakitan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s